Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP RECIPROCAL TEACHING (REMAP RT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI SISTEM SARAF
ABSTRAK
Alfian, Rizal Nur. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Reciprocal Teaching (Remap RT) terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Peserta Didik pada Sub Materi Sistem Saraf”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: model Remap RT, pemahaman konsep, minat belajar, materi sistem saraf.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum optimalnya pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik di kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri dalam mempelajari materi sistem koordinasi khususnya sub materi sistem saraf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading Concept Map Reciprocal Teaching (Remap RT) terhadap pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada sub materi sistem saraf. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) tipe the nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA IT Ihsanul Fikri dengan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hipotesis pada nilai post-test pemahaman konsep peserta didik memiliki nilai signifikansi sebesar 0,002 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Selain itu rata-rata nilai post-test pemahaman konsep peserta didik juga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kemudian pada data minat belajar peserta didik, diketahui hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Selain itu terdapat perbedaan rata-rata nilai minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Remap RT memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik dalam mempelajari sub materi sistem saraf. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh model pembelajaran Remap RT terhadap pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada sub materi sistem saraf.
17-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI ALF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain