PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI TINJAUAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SUPORTER PERTANDINGAN SEPAKBOLA (STUDI KASUS DI STADION MAGUWOHARJO, SLEMAN)

ARIEF SATRIO WIDARTO - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Suporter Sepak Bola (Studi Kasus Di Stadion Maguwoharjo, Sleman)”.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami perlindungan hukum bagi suporter sepak bola yang sudah memiliki tiket tetapi tidak bisa masuk ke dalam stadion dan untuk mengetahui bentuk pertanggungjawaban dan penyelesaian alternatif yang dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara. Metode penelitian yang digunakan menggunakan Pendekatan Lapangan (Field Approach)
dan Pendekatan Perundang-undangan (Statute Approach). Jenis penelitian yang digunakan menggunakann yuridis empiris. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai panitia penyelenggara dan suporter sepak bola pada stadion Maguwoharjo Kabupaten Sleman. Hasil wawancara tersebut menunjukkan adanya pelanggaran hak suporter selaku konsumen pada Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konusmen, yaitu Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa, Hak atas informasi yang benar, jelas, jujur, Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dan Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian. Sehingga panitia penyelenggara selaku pelaku usaha bertanggung jawab atas pelanggaran hak tersebut sebagaimana yang ditentukan oleh Pasal 19 ayat (1) dan Pasal 19 ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun
1999 tentang Perlindungan Konsumen, yaitu dengan cara memberikan ganti rugi.
Oleh karena itu, diperlukan adanya kesadaran dari suporter tentang pentingnya perlindungan konsumen dan juga diperlukan sikap profesional dari panitia penyelenggara agar hak dan kewajiban sebagai konsumen serta pelaku usaha dapat terpenuhi dengan baik sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Kata Kunci: Suporter, Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab.


Ketersediaan
12-UN57.U1-SH-V-2023HUKUM WID T 2023Ruang Skripsi (HUKUM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
HUKUM WID T 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;76HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
340
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_HUKUM
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik