Text
SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP KELAS VII
ABSTRAK
Suci, Dinda Arta Meivia Eka. 2022. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Articulate Storyline, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains
Permasalahan yang ada saat ini adalah motivasi belajar dan keterampilan proses sains siswa masih kurang diperhatikan selama proses belajar mengajar di sekolah. Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan keterampilan proses sains siswa, serta untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan proses sains siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan materi kalor dan perpindahannya dalam proses pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-equivalent control group yang menggunakan dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media Articulate Storyline dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menerapkan media PowerPoint. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar sebanyak 30 pernyataan, dan soal keterampilan proses sains meliputi pretest dan posttest dengan 12 soal uraian yang telah melalui uji validitas, reliabilitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis uji T pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi 0,038 < 0,05 yang menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VII. (2) Hasil uji T pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP kelas VII. (3) Hasil analisis regresi atau penggunaan R Square sebesar 0,801 atau 80,1% dapat dikatakan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap keterampilan proses sains.
20-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA SUC P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain