PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP KELAS VII

DINDA ARTA MEIVIA EKA SUCI - Nama Orang;

ABSTRAK
Suci, Dinda Arta Meivia Eka. 2022. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Articulate Storyline, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains
Permasalahan yang ada saat ini adalah motivasi belajar dan keterampilan proses sains siswa masih kurang diperhatikan selama proses belajar mengajar di sekolah. Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar dan keterampilan proses sains siswa, serta untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan proses sains siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan materi kalor dan perpindahannya dalam proses pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-equivalent control group yang menggunakan dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media Articulate Storyline dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menerapkan media PowerPoint. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar sebanyak 30 pernyataan, dan soal keterampilan proses sains meliputi pretest dan posttest dengan 12 soal uraian yang telah melalui uji validitas, reliabilitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis uji T pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi 0,038 < 0,05 yang menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VII. (2) Hasil uji T pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP kelas VII. (3) Hasil analisis regresi atau penggunaan R Square sebesar 0,801 atau 80,1% dapat dikatakan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap keterampilan proses sains.


Ketersediaan
20-UN57.U1-SI-VI-2023IPA SUC P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SUC P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XV;103HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik