Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TEMA TEKANAN DI SEKITARKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Rochim, Achmad Nur. 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Tema Tekanan di Sekitarku Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar.
Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr.Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, STEM, Berpikir Kritis, ADDIE, Tekanan di Sekitarku
Pembelajaran abad 21 mengharuskan siswa untuk mempunyai keterampilan berpikir kritis yang diharapkan akan memberikan bekal siswa di kehidupan yang akan datang. Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Mertoyudan terdapat permasalahan bahwa keterampilan berpikir kritis masih dikategorikan rendah. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya LKPD yang dapat menstimulus siswa untuk berpikir kritis. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah pendekatan STEM. Pendekatan STEM membantu siswa dalam mempelajari dan menganalisis pembelajaran untuk mendukung dan mengasah keterampilan berpikir kritis. Sehingga diperlukanya pengembangan LKPD yang bersifat integratif dan terintegrasi oleh pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, menganalisis kepraktisan dan menganalisis keefektifan LKPD berbasis STEM tema tekanan di sekitarku untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development menggunakan model ADDIE. Lima validator ahli melakukan validasi LKPD berbasis STEM. Uji validitas instrumen dilakukan oleh lima validator ahli, dan uji reliabilitas dilakukan oleh 32 siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Mertoyudan. Validator ahli terdiri atas dua dosen program studi Pendidikan IPA dan tiga guru SMP Negeri 1 Mertoyudan. Implementasi LKPD berbasis STEM dengan desain one group pretest-posttest menggunakan teknik purposive sampling. Pertimbangan pengambilan sampel adalah analisis nilai PTS semester 1 dan rekomendasi dari guru berdasarkan keaktifan siswa. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mertoyudan. Tiga puluh satu siswa melaksanakan uji kepraktisan LKPD berbasis STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKPD oleh ahli memperoleh rata-rata sebesar 0,91 dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Kepraktisan dinilai melalui angket kepraktisan dengan perolehan kepraktisan siswa sebesar 88% dan dikategorikan sangat praktis. Keefektifan LKPD dilakukan penilaian menggunakan nilai pretest dan posttest dengan perolehan N-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang dan besar keefektifan menggunakan effect size sebesar 2,63 dengan kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis STEM tema tekanan di sekitarku layak digunakan, efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, dan sangat praktis untuk diimplementasikan. Peneliti menyarankan pendekatan STEM yang digunakan sebaiknya dibuat lebih variatif dengan memberikan masalah yang lebih menarik untuk dikaji peserta didik.
19-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA ROC P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain