Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN RIAS TEMA PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Rachmawati, Dewi. 2023. “Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Pembelajaran RIAS Tema Pesawat Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar.
Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran RIAS, Modul IPA, Keterampilan Metakognitif
Keterampilan metakognitif adalah kecakapan seseorang untuk mengendalikan proses berfikirnya. Penelitian ini bermula dari temuan beberapa permasalahan di SMPN 2 Muntilan, adapun permasalahan yang ditemukan yaitu (1) keterampilan metakognitif siswa masih tergolong rendah (2) pembelajaran berpusat pada guru (3) belum tersedia modul yang memfasilitasi keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan observasi terkait rendahnya keterampilan metakognitif siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan sumber belajar yang digunakan masih terbatas, sehingga diperlukan bahan ajar yang mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran RIAS untuk meningkatkan keterampilan metakognitif. Tujuan dilakukannya penelitian untuk megetahui kelayakan, efektifitas, dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis model pembelajaran RIAS. Penelitian dirancang dengan metode R&D (research and development) yang menerapkan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapannya meliputi Analysis, Design, Development, Implemetation, dan Evaluation. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas VIII C ditentukan menggunakan purposive sampling dengan desain uji coba one grup pretest-posttest. Data diperoleh melalui lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan lembar Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) modul IPA berbasis RIAS dinyakan layak dengan perolehan skor rata-rata 4,9 dalam kategori sangar valid. (2) modul berbasis RIAS dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif berdasarkan skor N-Gain 0,63 termasuk kategori “sedang”. (3) kepraktisan modul dilihat berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan perolehan skor sebesar 83,8% termasuk dalam kriteria “sangat praktis”. Kesimpulan penelitian pengembangan ini yaitu modul IPA berbasis RIAS dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran karena memenuhi aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa di SMP Negeri 2 Muntilan.
17-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA RAC P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain