Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LITERASI SAINS TEMA UDARA BERSIH UNTUK PARU-PARUKU UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
ABSTRAK
Mufidah, Libna Sahlatul. 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Sains Tema Udara Bersih untuk Paru-Paruku untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar.
Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata Kunci: LKPD, Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Kritis, Udara Bersih untuk Paru-Paruku.
Pembelajaran abad 21 mengutamakan adanya literasi sains dalam kegiatan pembelajaran. Adanya aktivitas literasi sains diharapkan peserta didik mampu berpikir tingkat tinggi, sehingga mampu mengatasi permasalahan kompleks. Berpikir tingkat tinggi yang diperlukan di abad 21 diantaranya berpikir kritis. Kebanyakan pembelajaran dilakukan dengan bahan ajar berupa buku paket, sehingga menjadikan pembelajaran kurang melibatkan peserta didik, hal ini menyebabkan kemampuan berpikir kritis kurang terasah dengan baik. Hal serupa juga ditemukan di SMP Negeri 10 Magelang yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah karena bahan ajar yang ada belum bisa melatih kompetensi berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis menjadi penting untuk dimiliki oleh peserta didik terutama dalam menghadapi tantangan kehidupan, karier, kewajiban serta tanggung jawab yang akan muncul dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKPD berbasis literasi sains tema udara bersih untuk paru-paruku, mendeskripsikan kepraktisan LKPD berbasis literasi sains tema udara bersih untuk paru-paruku, dan mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis literasi sains tema udara bersih untuk paru-paruku yang diimplemantasikan di SMP Negeri 10 Magelang Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan dikembangkan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Validasi LKPD berbasis literasi sains dilakukan oleh empat validator ahli. LKPD berbasis literasi sains diimplementasikan dengan desain one group pretest-posttest sebanyak 30 peserta didik kelas VIII. Uji kepraktisan LKPD berbasis literasi sains diperoleh dari perhitungan angket respon 30 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis literasi sains, dinyatakan valid untuk digunakan dengan nilai Aiken V dari semua aspek sebesar 0,80. Uji kepraktisan LKPD berbasis literasi sains, dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dengan presentase hasil angket respon sebesar 86%. Uji efektifan LKPD berbasis literasi sains, dinyatakan efektif ditunjukkan dengan nilai n-gain sebesar 0,60. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis literasi sains layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis. peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk menginovasikan LKPD berbasis literasi sains yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis khususnya pada indikator inferensi dan regulasi diri.
16-UN57.U1-SI-V-2023 | IPA MUF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain