PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI LEVEL TEORI BELAJAR VAN HIELE

ABDUNNUURU - Nama Orang;

ABSTRAK
Abdunnuuru. 2023. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Segi Empat dan Segitiga ditinjau dari Level Teori Belajar Van Hiele”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, M.Pd., M.Sc.
Kata Kunci : kemampuan representasi matematis, segi empat dan segitiga, van hiele.
Berdasarkan tes kemampuan awal siswa dalam menyelesaikan soal representasi matematis geometri segi empat dan segitiga. Diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membuat simbol matematika maupun model matematika untuk mengidentifikasi prosedur yang diperlukan untuk memecahkan masalah segi empat dan segitiga. Hal itu menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa tidak optimal dalam menginterpretasikan ide-ide atau hasil pemikiran mereka dalam mengatasi masalah. Menurut pendekatan Van Hiele, yang mempertimbangkan tingkat perkembangan kognitif siswa, pengajaran geometri harus mempertimbangkan tingkat berfikir siswa. Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri segi empat dan segitiga ditinjau dari level teori belajar Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, wawancara, validasi dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif, transkrip wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi, dan triangulasi digunakan sebagai alat analisis data. Hasil dari VHGT (Van Hiele Geometry Test) yaitu terdapat 16 siswa tingkat 0 (visualisasi), 7 siswa tingkat 1 (analisis), dan 1 siswa tingkat 2 (deduksi informal). Subjek penelitian merupakan 2 siswa masing-masing tingkat berpikir geometri Van Hiele. Hasil VHGT hanya tercapai pada tingkat 0-2 dan tingkat 2 hanya satu siswa, maka terdapat lima siswa yang mengikuti kegiatan wawancara. Subyek dengan tingkat Van Hiele level 0, AF memiliki kapasitas penglihatan dan penggambaran yang jelas pada klasifikasi kurang dan kemampuan verbal pada klasifikasi sedang. MDAR memiliki daya kemampuan visual, simbolik dan verbal dalam klasifikasi yang rendah. Subjek dengan tingkat Van Hiele level 1, AFR memiliki kemampuan penggambaran visual pada klasifikasi tinggi, simbolik dan visual pada kelas sangat tinggi. NNE memiliki kapasitas penggambaran visual pada kelas tinggi, representatif pada kelas sangat tinggi dan visual pada klasifikasi sedang. NAS dengan level 2 memiliki kemampuan visual, simbolik dan visual di kelas yang sangat tinggi.


Ketersediaan
12-UN57.U1-SPM-VI-2023MATEMATIKA ABD A 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ABD A 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;102HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik