Text
SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI LEVEL TEORI BELAJAR VAN HIELE
ABSTRAK
Abdunnuuru. 2023. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Segi Empat dan Segitiga ditinjau dari Level Teori Belajar Van Hiele”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, M.Pd., M.Sc.
Kata Kunci : kemampuan representasi matematis, segi empat dan segitiga, van hiele.
Berdasarkan tes kemampuan awal siswa dalam menyelesaikan soal representasi matematis geometri segi empat dan segitiga. Diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membuat simbol matematika maupun model matematika untuk mengidentifikasi prosedur yang diperlukan untuk memecahkan masalah segi empat dan segitiga. Hal itu menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa tidak optimal dalam menginterpretasikan ide-ide atau hasil pemikiran mereka dalam mengatasi masalah. Menurut pendekatan Van Hiele, yang mempertimbangkan tingkat perkembangan kognitif siswa, pengajaran geometri harus mempertimbangkan tingkat berfikir siswa. Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri segi empat dan segitiga ditinjau dari level teori belajar Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, wawancara, validasi dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif, transkrip wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi, dan triangulasi digunakan sebagai alat analisis data. Hasil dari VHGT (Van Hiele Geometry Test) yaitu terdapat 16 siswa tingkat 0 (visualisasi), 7 siswa tingkat 1 (analisis), dan 1 siswa tingkat 2 (deduksi informal). Subjek penelitian merupakan 2 siswa masing-masing tingkat berpikir geometri Van Hiele. Hasil VHGT hanya tercapai pada tingkat 0-2 dan tingkat 2 hanya satu siswa, maka terdapat lima siswa yang mengikuti kegiatan wawancara. Subyek dengan tingkat Van Hiele level 0, AF memiliki kapasitas penglihatan dan penggambaran yang jelas pada klasifikasi kurang dan kemampuan verbal pada klasifikasi sedang. MDAR memiliki daya kemampuan visual, simbolik dan verbal dalam klasifikasi yang rendah. Subjek dengan tingkat Van Hiele level 1, AFR memiliki kemampuan penggambaran visual pada klasifikasi tinggi, simbolik dan visual pada kelas sangat tinggi. NNE memiliki kapasitas penggambaran visual pada kelas tinggi, representatif pada kelas sangat tinggi dan visual pada klasifikasi sedang. NAS dengan level 2 memiliki kemampuan visual, simbolik dan visual di kelas yang sangat tinggi.
12-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA ABD A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain