Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN LKS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA
ABSTRAK
Adiningsih, Nurul Aini. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan LKS Etnomatematika terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PMRI, LKS Etnomatematika, Kemampuan Literasi Numerasi, Minat Belajar Siswa
Kemampuan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 6 Magelang masih berada dalam kategori rendah. Hal ini dikarenakan model dan media pembelajaran yang belum bervariasi sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran yang nantinya akan memengaruhi kemampuan siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran PMRI berbantuan LKS etnomatematika dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran PMRI, membandingkan kemampuan literasi numerasi siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah, dan menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, yaitu the nonequivalent posttest-only control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi yang digunakan, yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Magelang tahun ajaran 2022/2023 mencakup enam kelas, yaitu kelas VIII A hingga kelas VIII F. Sampel penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi, angket validasi, pedoman wawancara, angket minat belajar siswa, dan soal tes kemampuan literasi numerasi siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan, dan uji lanjut pasca anava.
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa (1) kemampuan literasi numerasi siswa yang mengikuti pembelajaran PMRI berbantuan LKS etnomatematika lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran PMRI; (2) siswa dengan minat belajar tinggi memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik daripada siswa dengan minat belajar sedang, siswa dengan minat belajar sedang memiliki kemampuan literasi numerasi yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah, dan siswa dengan minat belajar tinggi memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik daripada siswa dengan minat belajar rendah; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.
11-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA ADI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain