Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) BERBANTUAN GOOGLE SITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
ABSTRAK
Buraidah, N. L. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Berbantuan Google Site Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CMP, Google Site, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Bidang ilmu yang mempunyai peran besar dalam dunia pendidikan bahkan penerapan kehidupan sehari-hari adalah bidang ilmu matematika. Aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajarannya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbantuan Google Site bisa meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Tujuan berikutnya menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site untuk materi turunan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Nonequivalent control group design menjadi bentuk eksperimen semu yang digunakan, dengan membandingkan dua sampel sebanyak 22 siswa dari kelas XI MIPA 1 dan 22 siswa dari kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Magelang yang dipilih secara acak melalui undian. Dari uji Independent Sample t-Test menghasilkan nilai thitung = 3,32 > ttabel = 2,02 maka H0 ditolak yang artinya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kemudian dilakukan uji Paired Sample t-Test yang menghasilkan nilai thitung = 8,47 > ttabel = 2,07 maka H0 ditolak yang berarti terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site. Dilanjutkan dengan uji N-Gain yang memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,38 dan membuktikan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site untuk materi turunan dengan kategori sedang. Dari perolehan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung untuk materi turunan, dan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematisnya dengan kategori sedang.
10-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA BUR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain