PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) BERBANTUAN GOOGLE SITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

NUR LAYALIYA BURAIDAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Buraidah, N. L. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Berbantuan Google Site Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CMP, Google Site, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Bidang ilmu yang mempunyai peran besar dalam dunia pendidikan bahkan penerapan kehidupan sehari-hari adalah bidang ilmu matematika. Aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajarannya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) berbantuan Google Site bisa meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Tujuan berikutnya menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site untuk materi turunan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Nonequivalent control group design menjadi bentuk eksperimen semu yang digunakan, dengan membandingkan dua sampel sebanyak 22 siswa dari kelas XI MIPA 1 dan 22 siswa dari kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 2 Magelang yang dipilih secara acak melalui undian. Dari uji Independent Sample t-Test menghasilkan nilai thitung = 3,32 > ttabel = 2,02 maka H0 ditolak yang artinya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kemudian dilakukan uji Paired Sample t-Test yang menghasilkan nilai thitung = 8,47 > ttabel = 2,07 maka H0 ditolak yang berarti terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site. Dilanjutkan dengan uji N-Gain yang memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,38 dan membuktikan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site untuk materi turunan dengan kategori sedang. Dari perolehan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CMP berbantuan Google Site lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung untuk materi turunan, dan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematisnya dengan kategori sedang.


Ketersediaan
10-UN57.U1-SPM-VI-2023MATEMATIKA BUR P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA BUR P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;66HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik