Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII
ABSTRAK
Wa’fa, Adillah. Resfia. El., 2023. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Kemampuan Literasi Matematis, Smart Apps Creator, Profil Pelajar Pancasila
Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang dimiliki setiap orang untuk memahami, menggunakan, dan menerapkan matematika dalam berbagai konteks. Data hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Windusari masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya upaya inovatif yang dapat membantu mengatasi permasalahan literasi matematis di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penggunaan multimedia yang berbasis teknologi dalam suatu pembelajaran. Lebih lanjut, multimedia pembelajaran yang dikembangkan dengan mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dapat menjadi sarana dalam perwujudan pendidikan karakter bagi para siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan produk multimedia pembelajaran berbasis Smart Apps Creator terintegrasi Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan penggunaan produk dan keefektifan produk terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun desain penelitian ini yaitu one group pretest-posttest. Hasil analisis data validitas ahli materi menunjukkan persentase tingkat kevalidan sebesar 86% dengan kategori “sangat valid”, sedangkan data validitas ahli multimedia memperoleh tingkat kevalidan sebesar 88% dengan kategori “sangat valid”. Uji kepraktisan berdasarkan respon siswa berada pada persentase sebesar 79% dengan kategori “praktis”, serta berdasarkan respon guru memperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan multimedia pembelajaran berdasarkan skor N-Gain yaitu 0,47 dengan interpretasi pada tingkat peningkatan sedang. Berdasarkan hasil tersebut, multimedia pembelajaran berbasis Smart Apps Creator terintegrasi Profil Pelajar Pancasila valid, praktis, serta efektif digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII pada materi aljabar untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis. Selanjutnya, produk multimedia perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan materi, soal-soal, format output aplikasi, serta lebih difokuskan pada literasi matematis.
9-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA WAF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain