Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBAHASA ISYARAT BERBASIS H5P TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TUNARUNGU PADA MATERI BANGUN DATAR
ABSTRAK
Budiyani, Rista. N. E. 2023. “Pengembangan Video Interaktif Berbahasa Isyarat Berbasis H5P terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu pada Materi Bangun Datar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamugkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Video Interaktif, Siswa Tunarungu, Bangun Datar, Bahasa Isyarat.
Siswa berkebutuhan khusus merupakan siswa dengan memiliki karakter khusus yang berbeda dari siswa pada umumnya. Cara berkomunikasi kepada siswa tunarungu yaitu menggunakan gerakan bibir, bahasa isyarat, dan bahasa bibir. Kemampuan pemahaman matematis membantu dalam memahami konsep dasar dari matematika yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu pada materi bangun datar dan menganalisis kepraktisan pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu pada materi bangun datar. Tujuan lainnya pada penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu pada materi bangun datar.
Penelitian ini merupakan metode penelitian & pengembangan dengan menggunakan model 4D. Model 4D terdiri dari empat langkah yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang jenjang SMP berjumlah 15 siswa dengan tingkat gangguan pendengaran yang berbeda-beda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kebutuhan media pembelajaran, pedoman wawancara, angket validasi, angket respon, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, tes, angket, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan media menghasilkan kategori sangat valid sebesar 0,887 oleh ahli materi, menghasilkan kategori sangat valid sebesar 0,824 oleh ahli media, dan kategori validitas sedang sebesar 0,475 oleh ahli bahasa isyarat. Hasil kepraktisan media sebesar 95,11% oleh respon siswa dan sebesar 76% oleh respon guru. Uji normalitas mendapatkan nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dikatakan normal. Uji homogenitas dengan nilai posttest data dikatakan homogen. Nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan.
Dari hasil pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan. Peneliti berharap akan ada pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P lainnya terutama pada pembelajaran matematika untuk menambah motivasi siswa.
8-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA BUD P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain