PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBAHASA ISYARAT BERBASIS H5P TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA TUNARUNGU PADA MATERI BANGUN DATAR

RISTA NUR EKA BUDIYANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Budiyani, Rista. N. E. 2023. “Pengembangan Video Interaktif Berbahasa Isyarat Berbasis H5P terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu pada Materi Bangun Datar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamugkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Video Interaktif, Siswa Tunarungu, Bangun Datar, Bahasa Isyarat.
Siswa berkebutuhan khusus merupakan siswa dengan memiliki karakter khusus yang berbeda dari siswa pada umumnya. Cara berkomunikasi kepada siswa tunarungu yaitu menggunakan gerakan bibir, bahasa isyarat, dan bahasa bibir. Kemampuan pemahaman matematis membantu dalam memahami konsep dasar dari matematika yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu pada materi bangun datar dan menganalisis kepraktisan pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu pada materi bangun datar. Tujuan lainnya pada penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu pada materi bangun datar.
Penelitian ini merupakan metode penelitian & pengembangan dengan menggunakan model 4D. Model 4D terdiri dari empat langkah yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebagian siswa SLB-B YPPALB Kota Magelang jenjang SMP berjumlah 15 siswa dengan tingkat gangguan pendengaran yang berbeda-beda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kebutuhan media pembelajaran, pedoman wawancara, angket validasi, angket respon, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, tes, angket, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan media menghasilkan kategori sangat valid sebesar 0,887 oleh ahli materi, menghasilkan kategori sangat valid sebesar 0,824 oleh ahli media, dan kategori validitas sedang sebesar 0,475 oleh ahli bahasa isyarat. Hasil kepraktisan media sebesar 95,11% oleh respon siswa dan sebesar 76% oleh respon guru. Uji normalitas mendapatkan nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dikatakan normal. Uji homogenitas dengan nilai posttest data dikatakan homogen. Nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan.
Dari hasil pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan. Peneliti berharap akan ada pengembangan video interaktif berbahasa isyarat berbasis H5P lainnya terutama pada pembelajaran matematika untuk menambah motivasi siswa.


Ketersediaan
8-UN57.U1-SPM-VI-2023MATEMATIKA BUD P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA BUD P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;111HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik