Text
SKRIPSI JENIS-JENIS MAJAS PERBANDINGAN DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN FORMULASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA
ABSTRAK
Astuti, Ayu Puji. 2023. “Jenis-jenis Majas Perbandingan dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Formulasinya sebagai Bahan Ajar di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II M. Daniel Fahmi Rizal, M.Hum.
Kata Kunci: bahan ajar handout, majas perbandingan, novel Guru Aini.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gaya bahasa berupa majas perbandingan yang digunakan pengarang dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Cerita disajikan dengan menggunakan bahasa persamaan dan perbandingan yang menarik untuk digali lebih dalam apa maksud yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita tersebut. Selain itu, berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, peserta didik diharapkan mampu mengetahui dan memahami unsur kebahasaan novel berupa majas perbandingan. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif bahan ajar tentang jenis-jenis majas perbandingan melalui media novel Guru Aini untuk melengkapi materi pembelajaran isi dan kebahasaan novel yang belum terdapat dalam buku paket Bahasa Indonesia bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk (1) menemukan jenis-jenis majas perbandingan yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata, dan (2) menghasilkan formulasi bahan ajar berupa handout tentang jenis-jenis majas perbandingan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata di SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan teori stilistika. Subjek penelitian ini difokuskan pada jenis-jenis majas perbandingan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang menunjukkan majas perbandingan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik baca dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu deskriptif analitik yang kemudian dilanjutkan dengan analisis teks. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 11 dari 23 jenis majas perbandingan dengan 125 data, yang meliputi (1) simile 26 data, (2) metafora 23 data, (3) personifikasi 29 data, (4) hiperbola 23 data, (5) alegori 10 data, (6) alusio 6 data, (7) hipokorisme 1 data, (8) antropomorfisme 4 data, (9) antonomasia 1 data, (10) eponim 1 data, (11) perifrase 1 data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan majas perbandingan yang dominan digunakan secara berturut-turut adalah personifikasi dengan 29 data. Hasil penelitian ini dapat diformulasikan sebagai bahan ajar yang berbentuk handout untuk kelas XII SMA, tepatnya pada materi pembelajaran tentang novel yang terdapat dalam kompetensi dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik lisan maupun tertulis. Handout yang disusun memuat (1) kompetensi inti, (2) kompetensi dasar, (3) indikator pencapaian kompetensi, (4) tujuan pembelajaran, (5) materi pembelajaran, (6) evaluasi, (7) penilaian, dan (8) daftar pustaka.
29-UN57.U1-SIN-VI-2023 | INDONESIA AST J 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain