Text
SKRIPSI PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA TEMA BIOTEKNOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP N 1 SALAM
ABSTRAK
Ismayati, Ully. 2023. “Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Pada Tema Bioteknologi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IX di SMP N 1 Salam”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning (PJBL), Tema Bioteknologi, Keterampilan Berpikir Kreatif
Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang mengembangkan suatu ide atau gagasan berdasarkan permasalahan telah ada maupun memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang berbeda. Hasil survei GCI tahun 2015 menunjukkan kemampuan berpikir kreatif masyarakat Indonesia masih rendah menempati peringkat 86 kelas kreatif dari 93 negara. PJBL merupakan salah satu model dalam pengimplementasian kurikulum 2013 yang memberikan kesempatan peserta didik memanfaatkan ilmu pengetahuan dimiliki dan konsep pengetahuan. Tujuan penelitian 1) peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada tema bioteknologi menggunakan model PJBL; 2) besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada tema bioteknologi menggunakan model PJBL. Penelitian ini kuantitatif dengan desain preexperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah kelas sembilan SMPN 1 Salam dengan kelas IX E sebagai sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian ini telah melalui uji validitas dan reabilitas. Penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-test dan N-Gain untuk menganalisis data. Hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai pretest dan postest sebesar 0,00 < 0,05. Hasil uji NGain keterampilan berpikir kreatif meningkat sebesar 0,55. Kesimpulan: 1) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang signifikan; 2) besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif kategori sedang.
21-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA ISM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain