PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA TEMA BIOTEKNOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP N 1 SALAM

ULLY ISMAYATI - Nama Orang;

ABSTRAK
Ismayati, Ully. 2023. “Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Pada Tema Bioteknologi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IX di SMP N 1 Salam”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning (PJBL), Tema Bioteknologi, Keterampilan Berpikir Kreatif
Keterampilan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang mengembangkan suatu ide atau gagasan berdasarkan permasalahan telah ada maupun memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang berbeda. Hasil survei GCI tahun 2015 menunjukkan kemampuan berpikir kreatif masyarakat Indonesia masih rendah menempati peringkat 86 kelas kreatif dari 93 negara. PJBL merupakan salah satu model dalam pengimplementasian kurikulum 2013 yang memberikan kesempatan peserta didik memanfaatkan ilmu pengetahuan dimiliki dan konsep pengetahuan. Tujuan penelitian 1) peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada tema bioteknologi menggunakan model PJBL; 2) besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada tema bioteknologi menggunakan model PJBL. Penelitian ini kuantitatif dengan desain preexperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah kelas sembilan SMPN 1 Salam dengan kelas IX E sebagai sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian ini telah melalui uji validitas dan reabilitas. Penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-test dan N-Gain untuk menganalisis data. Hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai pretest dan postest sebesar 0,00 < 0,05. Hasil uji NGain keterampilan berpikir kreatif meningkat sebesar 0,55. Kesimpulan: 1) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang signifikan; 2) besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif kategori sedang.


Ketersediaan
21-UN57.U1-SI-VI-2023IPA ISM P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ISM P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;40HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik