Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Anjani, Alfi. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Self Regulation Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi di MAN Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar kognitif dan self regulation peserta didik, model pembelajaran yang digunakan kurang memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik sehingga kurang berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi di MAN Temanggung, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap self regulation peserta didik pada materi sistem ekskresi di MAN Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MAN Temanggung. Sampel penelitian diambil dari populasi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakukan model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi, sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan adalah berdiferensiasi produk. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi α=0,05 yang dianalisis dengan bantuan propgram SPSS statistic 22. Hasil penelitian setelah adanya perlakuan model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan bahwa (1) nilai pretest sebesar 51,50 mengalami peningkatkan pada nilai post-test sebesar 87,27 dengan rara-rata peningkatan sebesar 35,77%; (2) nilai self regulation awal peserta didik sebesar 58,30 dengan kriteria self regulation cukup baik mengalami peningkatan pada nilai self regulation akhir sebesar 73,43 dengan kriteria self regulation baik dengan ratarata peningkatan sebesar 16,13%. Hasil uji independent sample t-test pada hasil belajar kognitif dan self regulation keduanya menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan self regulation peserta didik pada materi sistem ekskresi di MAN Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan agar pembelajaran lebih bermakna dan kebutuhan belajar peserta didik terfasilitasi.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran STAD, pembelajaran berdiferensiasi, self regulation.
20-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI ANJ P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain