PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN TEMANGGUNG

ALFI ANJANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Anjani, Alfi. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Self Regulation Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi di MAN Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar kognitif dan self regulation peserta didik, model pembelajaran yang digunakan kurang memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik sehingga kurang berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi di MAN Temanggung, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis pembelajaran berdiferensiasi terhadap self regulation peserta didik pada materi sistem ekskresi di MAN Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MAN Temanggung. Sampel penelitian diambil dari populasi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakukan model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi, sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan adalah berdiferensiasi produk. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi α=0,05 yang dianalisis dengan bantuan propgram SPSS statistic 22. Hasil penelitian setelah adanya perlakuan model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan bahwa (1) nilai pretest sebesar 51,50 mengalami peningkatkan pada nilai post-test sebesar 87,27 dengan rara-rata peningkatan sebesar 35,77%; (2) nilai self regulation awal peserta didik sebesar 58,30 dengan kriteria self regulation cukup baik mengalami peningkatan pada nilai self regulation akhir sebesar 73,43 dengan kriteria self regulation baik dengan ratarata peningkatan sebesar 16,13%. Hasil uji independent sample t-test pada hasil belajar kognitif dan self regulation keduanya menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan self regulation peserta didik pada materi sistem ekskresi di MAN Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut model pembelajaran STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan agar pembelajaran lebih bermakna dan kebutuhan belajar peserta didik terfasilitasi.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran STAD, pembelajaran berdiferensiasi, self regulation.


Ketersediaan
20-UN57.U1-SPB-VI-2023BIOLOGI ANJ P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ANJ P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;76HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik