Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROUND TABEL DALAM PEMEBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 WINDUSARI
ABSTRAK
Runtiyani, Devi. 2023. “Efektivitas Model Cooperative Learning Type Round Tabel dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Windusari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Mashud Syahroni, S.Pd., M.Pd.
Pembelajaran Bahasa Indonesia perlu dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan/Atas (SMK/SMA). Pada dasarnya, melalui bahasa siswa akan memperoleh ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan informasi sehingga anak SMK wajib untuk mempelajarinya. Salah satu materi Bahasa Indonesia yang diajarkan adalah menulis cerpen. Kenyataannya pembelajaran menulis cerpen di SMK Negeri 1 Windusari masih kurang aktraktif dikarenakan belum tergali secara maksimal. Ditemukan fakta bahwa di SMK Negeri 1 Windusari dalam pembelajaran menulis siswa masih kesulitan menentukan tema, menuangkan ide dan perasaannya dalam bentuk cerpen. Namun juga ditemukan faktor penyebab lain yaitu dari siswa sendiri, lingkungan sekolah dan guru masih kurang perhatian dalam pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen sehingga siswa merasa kesulitan dalam menulis cerpen. Hal ini dapat diatasi dengan mengubah model pembelajaran yang meriah agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif, salah satunya menggunakan model Cooperative Learning Type Round Table. Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) untuk membuktikan terdapat perbedaan hasil pembelajaran menulis cerpen antara siswa yang diajar dengan model Cooperative Learning Type Round Table dengan siswa yang tidak diajarkan dengan model Cooperative Learning Type Round Table di SMK Negeri 1 Windusari: (2) untuk membuktikan penggunaan model Cooperative Learning Type Round Table efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMK Negeri 1 Windusari. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun desain penelitian ini Pretest dan Posttest Kontrol Group Design. Subjek penelitian ini adalah 72 siswa terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol dengan pengambilan sampel melalui jenis teknik purposive sampling pada kelas X SMK Negeri 1 Windusari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan dalam kemampuan menulis cerpen yang signifikan dan efektif menggunakan Cooperative Learning Type Round Tabel dengan siswa yang tidak diajar menggunakan model tersebut. Hal ini terbukti adanya kenaikan rata-rata antara kelompok eksperimen sebesar 22.500 sedangkan kelompok kontrol 18.888. Secara keseluruhan, rata-rata skor hasil belajar menulis cerpen yang diajarkan menggunakan model Cooperative Learning Type Round Tabel sebesar 88,19 sedangkan siswa yang tidak diajarkan dengan menggunakan model Cooperative Learning Type Round Tabel sebesar 85,97.
Kata Kunci: Cerpen, Cooperative Learning Type Round Tabel, Efektifitas, Menulis, Pembelajaran
33-UN57.U1-SIN-VI-2023 | INDONESIA RUN E 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain