Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION GETTING ANSWER DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMAN 1 MUNTILAN
ABSTRAK
Fitria, Rofiqotul., 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share (TPS) terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas X SMAN 1 Muntilan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer, Model Pembelajaran Think Pair Share
Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan yang dimiliki setiap orang untuk menghitung, mengukur, dan bernalar secara logis. Data hasil tes awal menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis siswa kelas X SMAN 1 Muntilan masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi yang bisa mengatasi permasalahan kecerdasan logis matematis siswa di sekolah. Salah satu upaya yang dapat digunakan yaitu penggunaan model pembelajaran yang tepat. Terlebih model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpatisipasi aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Giving Question Getting Answer terhadap kecerdasan logika matematis siswa kelas X SMAN 1 Muntilan, menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kecerdasan matematis logis siswa kelas X SMAN 1 Muntilan, dan menganalisis model pembelajaran yang lebih berpengaruh terhadap kecerdasan logis matematis antara model pembelajaran Giving Question Getting Answer dan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X SMAN 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode semu eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Hasil analisis Paired Sample T-test menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan logis matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih baik setelah penerapan model pembelajaran karena thitung = 17,183 > ttabel = 2,030 pada kelas eksperimen dan thitung = 22,164 > ttabel = 2,030 pada kelas kontrol. Uji Independent Sample T-test menunjukkan karena thitung = 6,850 > ttabel = 1,994. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Giving Question Getting Answer dan model pembelajaran Think Pair Share mempengaruhi kecerdasan logis matematis siswa kelas X SMAN 1 Muntilan pada materi statistika. Penerapan model pembelajaran Giving Question Getting Answer lebih mempengaruhi kecerdasan logis matematis siswa kelas X SMAN 1 muntilan daripada penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada materi statistika.
16-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA FIT P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain