Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA MATH-BUILDING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
ABSTRAK
Nurjanah, Rizqi. 2023. “Pengembangan Media Math-Building Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Etnomatematika, Math-Building, Bangun Ruang Sisi Lengkung
Pengetahuan tentang kebudayaan di SMP Negeri 9 Magelang belum diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini bertolak belakang dengan program kerja unggulan sekolah tersebut yaitu sekolah berbasis budaya. Dalam matematika, pembelajaran berbasis budaya disebut dengan etnomatematika. Salah satu penerapan etnomatematika dalam pembelajaran adalah media pembelajaran etnomatematika yang berkolaborasi dengan teknologi. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 9 Magelang belum menerapkan etnomatematika. Hal ini dapat menjadi suatu inovasi baru dalam peningkatan kemampuan matematika. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep di SMP Negeri 9 Magelang menjadi suatu permasalahan tersendiri. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi geometri khususnya bangun ruang sisi lengkung. Oleh karena itu, diadakan pengembangan media teknologi berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung yaitu media Math-Building. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari pengembangan media Math-Building berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi lengkung. Pengembangan media ini diharapkan dapat menjadi suatu jembatan bagi siswa untuk memahami konsep bangun ruang sisi lengkung lebih mudah dengan menerapkan pembelajaran berbasis kebudayaan yang dikolaborasikan dengan teknologi website. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dari Branch yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Tahapan ADDIE terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D dan IX E di SMP Negeri 9 Magelang. Produk media Math-Building divalidasi oleh 3 validator ahli materi dan 3 validator ahli media untuk mendapatkan kriteria kevalidan produk dan kriteria kepraktisan didapatkan dari hasil pengisian angket respon siswa dan guru terhadap pengembangan dan penerapan media Math-Building dalam pembelajaran. Kriteria keefektifan berdasarkan hasil peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Math-Building. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Math-Building yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai 4,52 dari validitas ahli materi dan nilai 4,64 dari validitas ahli media. Media Math-Building berada pada kategori sangat praktis dengan koefisien kepraktisan sebesar 4,46. Selanjutnya, media Math-Building memenuhi kriteria efektif digunakan dengan adanya peningkatan hasil nilai sebelum dan sesudah penggunaan media dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,78 pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Math-Building berbasis etnomatematika valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang sisi lengkung. Media Math-Building dapat diterapkan kembali pada pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung selanjutnya. Dalam menggunakan Math-Building, bagi guru disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu isi dari Math-Building khususnya etnomatematika dan bagi siswa disarankan untuk mengikuti instruksi sesuai petunjuk penggunaan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
15-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA NUR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain