Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MISSIONS-X FOR MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Hidayati, N. H. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Missions-X for Mathematics untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd., Pembimbing II Yesi Franita, M.Sc.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Missions-X for Mathematics, Game Edukasi, Kemampuan Berpikir Kritis
Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan angket kebutuhan siswa menyatakan bahwa 90% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi mata pelajaran matematika dan 83,33% siswa tidak menyukai matematika. Selain itu, 76,67% siswa memerlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menangkap materi. Guru menyebutkan bahwa rendahnya kemampuan berpikir kritis mengakibatkan siswa kesulitan untuk memahami materi. Hal ini berakibat pemahaman siswa, menganalisis soal, dan menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pada media pembelajaran Missions-X for Mathematics. Media Pembelajaran Missions-X for Mathematics digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 8 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode penelitian ADDIE. Metode penelitian ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Media pembelajaran ini dikembangkan dengan software RPG Maker. Media pembelajaran Missions-X for Mathematics yang telah dikembangkan memenuhi syarat valid dengan nilai kevalidan materi sebesar 4,48 dan kevalidan media sebesar 4,22 dengan kategori sangat valid. Memenuhi syarat praktis sebesar 3,86 berdasarkan angket respon guru dan 3,99 berdasarkan angket respon siswa. Serta memenuhi syarat efektif dengan nilai sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran Missions-X for Mathematics layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran Missions-X for Mathematics untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII memenuhi syarat valid dengan kategori sangat valid, memenuhi syarat praktis dengan kategori praktis dan memenuhi syarat efektif dengan kategori tinggi. Penelitian ini juga memperoleh saran dalam pengembangan media pembelajaran Missions-X for Mathematics diantaranya penggunaan latihan soal dan contoh soal perlu memperhatikan kondisi nyata dalam kehidupan sehari – hari, perlu kajian lebih dalam pada proses export, perlu dikembangkan pada materi lain, dan media pembelajaran ini diharapkan dapat diakses melalui semua perangkat seluler.
14-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA HID P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain