Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 MAGELANG
ABSTRAK
Ulfa, Kamalia. 2023. “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Digital Peserta didik di SMP Negeri 2 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning , Kemampuan Literasi Digital, Pengaruh
Perkembangan teknologi tanpa kemampuan dalam menggunakan perangkat teknologi terkini atau kemampuan literasi digital akan menyebabkan dampak yang buruk bagi peradaban manusia. Guru di SMP Negeri 2 Magelang masih menggunakan pendekatan pembelajaran teacher centered dengan menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran IPA. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru kurang bisa mengembangkan dan melatihkan kemampuan literasi digital serta literasi numerasi peserta didik. Menurut penelitian terdahulu model pembelajaran penemuan dapat mempengaruhi literasi digital dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi digital peserta didik. Peneliti mengambil jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek riset yang diambil oleh peneliti berjumlah 2 kelas yaitu kelas VIII A (32 peserta didik) yang berfungsi sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII D (32 peserta didik) yang berfungsi sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan peneliti adalah soal tes. Hasil perhitungan N-gain kelas eksperimen tergolong kelas sedang, karena nilainya 0,3. sedangkan rata-rata hasil tes N-gain kelas kontrol berada pada kategori rendah karena memiliki nilai 0,1. Hasil uji hipotesis antara nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Dari hasil tersebut bisa disimpulkan jika Ho ditolak serta Ha diterima. Kesimpulan dari riset ini adalah pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi digital peserta didik SMP Negeri 2 Magelang. Terdapat kompetensi yang masih masuk dalam kategori rendah dan bahkan menurun. Peneliti berharap nantinya kekurangan dalam penelitian bisa dijadikan pengetahuan dan perbaikan bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis.
22-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA ULF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain