Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
ABSTRAK
Khoiriyah, Annisa. 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi". Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S. Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: LKPD, STEM, hasil belajar kognitif, materi getaran, gelombang, dan bunyi
Hasil survey PISA terkait dengan kemampuan sains peseta didik Indonesia pada tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peringkat 10 besar terendah. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik masih rendah dengan pembelajaran yang masih terpusat pada guru, serta menggunakan bahan ajar berupa buku kemendikbud. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam membantu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik yakni dengan mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan peran peserta didik dalam kegiatan pembelajaran seperti LKPD. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti dalam melakukan penelitian dan pengembangan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan LKPD berbasis STEM yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, mengetahui kevalidan dari LKPD berbasis STEM pada materi getaran, gelombang, dan bunyi, keefektifan LKPD berbasis STEM dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, serta kepraktisan dari penerapan LKPD berbasis STEM di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua dosen IPA Universitas Tidar, 3 guru IPA SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid, 27 peserta didik kelas IX H, serta 31 peserta didik kelas VIII F. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi analisis validitas v’aiken untuk menguji kevalidan dari LKPD, analisis N-Gain untuk mengetahui keefektifan dari LKPD dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, serta analisis respon peserta didik menggunakan skala likert dengan hasil yang dikategorikan sesuai tabel interpretasi skor untuk mengetahui respon kepraktisan dari LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari kevalidan LKPD oleh validator memperoleh nilai 0,85 dengan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan. Analisis keefektifan LKPD berbasis STEM dari perolehan nilai pretest dan posttest menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Kepraktisan LKPD berbasis STEM mendapat respon baik dari peserta didik dengan perolehan skor 87,10% dan memiliki kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yakni LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik valid untuk digunakan, efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, serta sangat praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain agar dapat mengoptimalkan proses dalam kegiatan praktikum baik dilakukan secara virtual maupun riil untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah C4 (menganalisis), serta memberikan panduan kegiatan evaluasi melalui presentasi serta mengulas kembali hasil dari praktikum yang dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada ranah C5 (mengevaluasi).
23-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA KHO P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain