Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA BAHASA BOROBUDUR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN DI ERA NEW NORMAL
ABSTRAK
Desa Bahasa Borobudur merupakan destinasi pariwisata berbasis edukasi dan wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Magelang. Saat pandemi mulai masuk ke Indonesia, seluruh sektor-sektor terkena dampaknya termasuk pariwisata yaitu Desa Bahasa Borobudur yang mengalami penurunan pengunjung cukup signifikan. Namun selama diberlakukannya new normal Desa Bahasa Borobudur terus melakukan berbagai cara promosi untuk menarik kembali wisatawan berkunjung. Oleh karena itu, peran strategi komunikasi pemasaran ini penting untuk dilakukan dalam Desa Bahasa Borobudur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Desa Bahasa Borobudur dalam meningkatkan kunjungan di era new normal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendektan studi kasus dengan mendapatkan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dengan konsep IMC yakni bauran promosi (promotion mix) telah dilakukan dengan baik oleh Desa Bahasa Borobudur dan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan kembali. Pada akhir periode 2022 total kunjungan wisatawan Desa Bahasa Borobudur mencapai 36.892. Dalam melakukan kegiatan pemasarannya, Desa Bahasa Borobudur menggunakan 5 promotion mix yang terdiri dari advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Bauran Promosi, New Normal
17-UN57.U1-SIK-VI-2023 | KOMUNIKASI SAL S 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain