Text
SKRIPSI ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN DAN REKOMENDASI PENANGANAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KABUPATEN MAGELANG
Meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Magelang dari tahun 2017 hingga 2022, yang hanya mengalami penurunan di tahun 2020 akibat dampak dari Covid-19 perlu dilakukan analisa tentang letak titik rawan kecelakaan (blackspot) sehingga dapat dilakukan tindakan penanganan terhadap infrastruktur jalan oleh dinas terkait berdasarkan analisis Benefit Cost Ratio (BCR). Metode yang digunakan untuk mengetahui blackspot yaitu analisis buffer pada aplikasi ArcGIS, menggunakan data koordinat lokasi kecelakaan dari Satlantas Polres Kabupaten Magelang dengan titik koordinat bujur timur sebagai variabel X dan koordinat lintang selatan sebagai variabel Y. Sedangkan metode pembobotan yang digunakan untuk mengetahui titik rawan kecelakaan yaitu kesepakatan pembobotan di Indonesia berdasarkan tingkat fatalitas korban. Hasil dari penelitian didapatkan sepuluh titik rawan kecelakaan (blackspot) pada jalan berstatus nasional di Kabupaten Magelang, dengan nilai Benefit Cost Ratio (BCR) tertinggi berada pada blackspot 6 dan 8 sehingga harus didanai terlebih dahulu untuk mengurangi kecelakaan di lokasi blackspot tersebut, sehingga akan memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat. Rekomendasi penanganan pada blackspot 6 dan 8 yaitu penambahan rambu lalu lintas dan perbaikan jarak pandang dengan pemotongan pohon.
Kata kunci : Blackspot, Sistem Informasi Geografis, Benefit Cost Ratio
33-UN57.U1-STS-VI-2023 | SIPIL SUS A 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain