Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS GAMIFIKASI
Rukmana, Asyhari Dwi. 2023. “Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi Siswa KELAS VIII SMP Menggunakan Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Gamifikasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, M.Pd. Pembimbing II Mahsud Syahroni, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kondisi dan kebutuhan, (2) menghasilkan desain pembelajaran membaca teks eksposisi, (3) mengetahui pengembangan pembelajaran membaca teks eksposisi, (4) Mengetahui uji coba terbatas pembelajaran membaca teks eksposisi, dan (5) Mengetahui evaluasi pembelajaran membaca teks eksposisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch. Metode ini memiliki lima tahapan pengembangan, tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Magelang dengan subjek penelitian yakni pendidik. Sampel uji coba pada penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII F berjumlah 31 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini ialah pengembangan model pembelajaran membaca teks eksposisi siswa kelas VIII SMP menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) berbasis gamifikasi. (1) analisis kondisi dan kebutuhan ialah pelaksanaan pembelajaran membaca teks eksposisi. (2) perancangan desain yang dilakukan ialah perencanaan model pembelajaran membaca teks eksposisi, menyusun instrumen penilaian materi dan model, melakukan validasi instrumen penilaian kepada dosen pembimbing, dan melakukan validasi kepada para ahli (materi dan model). Penilaian ahli materi memperoleh presentase sebesar 95%. Penilaian ahli model memperoleh presentase 94,31%. (3) Dalam tahapan pengembangan peneliti melakukan penyusunan langkah-langkah penerapan model pembelajaran membaca teks eksposisi, Pembuatan RPP, pembuatan desain, pembuatan desain pin point, pembuatan desain hadiah juara, dan penyusunan buku panduan. (4) Tahapan uji coba terbatas menunjukan bahwa siswa tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran membaca teks eksposisi. Nilai yang didapatkan siswa dalam pembelajaran teks eksposisi ialah di atas rata-rata (KKM). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran membaca teks eksposisi kelas VIII SMP. (5) Tahapan evaluasi berupa revisi yang diberikan oleh dosen pembimbing, para ahli, serta pendidik.
Kata Kunci: Gamifikasi, Membaca Teks Eksposisi, Model Teams Games Tournament (TGT)
38-UN57.U1-SIN-VI-2023 | INDONESIA RUK P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain