Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MAN KOTA MAGELANG PADA MATERI SISTEM SARAF
Sulastri, Rani. 2023. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa MAN Kota Magelang pada Materi Sistem Saraf”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Materi Sistem Saraf, Model Problem Based Learning, Motivasi Belajar.
Salah satu aspek kualitas pembelajaran adalah motivasi belajar yang juga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil observasi di MAN Kota Magelang proses pembelajaran masih menerapkan model konvensional dengan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa sehingga menyebabkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem saraf. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kota Magelang. Metode yang digunakan yaitu quasi experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group design dan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes pilihan ganda, lembar angket motivasi belajar, lembar observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test atau uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 79,67 dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,79. Dari analisis uji Mann Whitney U Test diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Taraf signifikansi yang didapatkan < 0,05 dengan keputusan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen maupun kontrol pada kondisi akhirnya. Rata-rata nilai post-test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 86,15 dibandingkan kelas kontrol sebesar 70,10. Dari analisis uji Mann Whitney U Test diperoleh signifikansi sebesar 0,000. Taraf signifikansi yang didapatkan < 0,05 dengan keputusan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen maupun kontrol pada kondisi akhirnya. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa MAN Kota Magelang pada materi sistem saraf. Pada penerapan model Problem Based Learning perlu dilakukan pengecekan kembali fasilitas yang dibutuhkan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan.
26-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI SUL P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain