Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI EKOSISTEM DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
Damayanti, Bernita Adelia. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Pemahaman Konsep Materi Ekosistem Dan Sikap Peduli Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Project Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan,
Pembelajaran yang ideal merupakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, sehingga siswa akan berusaha untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dan dapat terlibat aktif dalam mencari informasi. Pembelajaran biologi merupakan salah satu bidang sains yang mempelajari kehidupan, sehingga siswa harus mampu menafsirkan dan memahami konsep dengan tepat dalam proses pembelajaran. Pembelajaran materi ekosistem pada kelas X berkaitan erat dengan lingkungan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara yang dilakukan terhadap guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Magelang, diketahui bahwa pemahaman konsep materi ekosistem dan sikap peduli lingkungan siswa belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep pada materi ekosistem dan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan quasi-experiment dengan desain penelitian non equivalent pretest-posttest control group design. Sampel pada pada penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagian soal pretest, posttest, dan angket sikap peduli lingungan pada siswa. Teknik analisis data hasil pretest dan posttest serta angket sikap peduli lingkungan sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan uji ancova pada data pemahaman konsep dan untuk data angket sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem antara kelas X1 dengan kelas X2. Hasil uji ancova menunjukkan bahwa hasil data terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,046 < 0,05. Selain itu, berdasarkan hasil analisis data angket dengan uji Ancova terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap sikap peduli lingkungan siswaa karena pada hasil uji terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,000
25-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI DAM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain