Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP DAUR BIOGEOKIMIA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KEEFEKTIFANNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X MA NURUL ALI MAGELANG
Affiyah, Zumrotul. 2023. “Pengembangan Media Pop-Up Daur Biogeokimia dalam Pembelajaran Jigsaw dan Keefektifannya terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MA Nurul Ali Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci : Pop-Up Jigsaw, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa pada sub materi daur biogeokimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media Pop-Up Daur Biogeokimia bebasis Jigsaw terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall dengan melakukan pembatasan penelitian hanya sampai pada tahap kelima (tahap revisi produk). Analisis kelayakan dilakukan dengan menggunakan skala likert. Produk Pop-Up Daur Biogeokimia diimplementasikan kepada sampel peserta didik kelas X MA Nurul Ali Magelang menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar validasi, soal tes, dan angket motivasi belajar. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase 84,0 % dari ahli media dan 81,33% dari ahli materi. Keefektifan media Pop-Up Daur Biogeokimia berbasis Jigsaw terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep dilihat dari perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran serta pretest dan postest yang dihitung menggunakan uji t dan N-Gain. Berdasarkan hasil uji t, terdapat pengaruh penggunaan media Pop-Up Daur Biogeokimia berbasis Jigsaw terhadap peningkatan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang signifikan. Sedangkan berdasarkan perhitungan N-Gain, skor gain rata-rata motivasi belajar siswa adalah 0,88 dan termasuk dalam kategori peningkatan tinggi dan gain rata-rata pemahaman konsep belajar siswa ialah 0,70 dan termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Pop-Up Daur Biogeokimia berbasis Jigsaw dinilai layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa SMA kelas X.
24-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI AFF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain