Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 CANDIMULYO PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Hamidah, Nida. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada Materi Perubahan Lingkungan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd. Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum M.Sc.
Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Materi Perubahan Lingkungan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi terkait keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo yang belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis dengan Independent Sample T Test atau Mann Whitney U Test pada taraf signifikansi ∝=0,05. Dari hasil analisis deskriptif data keterampilan proses sains diperoleh nilai rata–rata posttest kelas kontrol sebesar 50,71 dan kelas eksperimen sebesar 78,37. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Disamping itu, hasil uji hipotesis dengan Mann Whitney U Test mendapat nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti Ha diterima atau terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian, hasil analisis deskriptif data motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata akhir kelas kontrol sebesar 76,19 dan kelas eksperimen sebesar 79,62. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Selain itu, uji hipotesis dengan Independent Sample T Test mendapat nilai signifikansi sebesar 0,024 (sig. < 0,05) yang berarti Ha diterima atau terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran berbasis proyek dapat berpengaruh terhadap keterampilan proses sains karena melibatkan keterampilan yang berkaitan dengan proses sains dalam sintaks pembelajarannya, sedangkan model pembelajaran berbasis proyek dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena mempengaruhi motivasi siswa secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada materi perubahan lingkungan. Namun perlu diperhatikan bahwa aplikasi model pembelajaran berbasis proyek membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sehingga untuk menerapkan model pembelajaran ini diperlukan memanajemen waktu yang matang dan efektif.
23-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI HAM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain