PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 CANDIMULYO PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NIDA HAMIDAH - Nama Orang;

Hamidah, Nida. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada Materi Perubahan Lingkungan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd. Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum M.Sc.
Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Materi Perubahan Lingkungan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi terkait keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo yang belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta uji hipotesis dengan Independent Sample T Test atau Mann Whitney U Test pada taraf signifikansi ∝=0,05. Dari hasil analisis deskriptif data keterampilan proses sains diperoleh nilai rata–rata posttest kelas kontrol sebesar 50,71 dan kelas eksperimen sebesar 78,37. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Disamping itu, hasil uji hipotesis dengan Mann Whitney U Test mendapat nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti Ha diterima atau terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian, hasil analisis deskriptif data motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata akhir kelas kontrol sebesar 76,19 dan kelas eksperimen sebesar 79,62. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Selain itu, uji hipotesis dengan Independent Sample T Test mendapat nilai signifikansi sebesar 0,024 (sig. < 0,05) yang berarti Ha diterima atau terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran berbasis proyek dapat berpengaruh terhadap keterampilan proses sains karena melibatkan keterampilan yang berkaitan dengan proses sains dalam sintaks pembelajarannya, sedangkan model pembelajaran berbasis proyek dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena mempengaruhi motivasi siswa secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Candimulyo pada materi perubahan lingkungan. Namun perlu diperhatikan bahwa aplikasi model pembelajaran berbasis proyek membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sehingga untuk menerapkan model pembelajaran ini diperlukan memanajemen waktu yang matang dan efektif.


Ketersediaan
23-UN57.U1-SPB-VI-2023BIOLOGI HAM P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI HAM P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;73HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik