Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN KEEFEKTIFANNYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Widayati, Anisa Rahma. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Mendukung Sikap Peduli Lingkungan pada Materi Perubahan Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Weni Anggraini, M.Pd.
Kata Kunci: Mix Method, Modul Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL), Perubahan Lingkungan, Sikap Peduli Lingkungan.
Modul ajar pada kurikulum merdeka menjadi hal penting dalam proses kegiatan belajar mengajar, dimana pengembangan modul ajar tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Sehingga perlu dikembangkan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar biologi berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan lingkungan dan menganalisis keefektifannya terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang di dalamnya terdapat penelitian pre experiment. Penelitian pengembangan ini telah dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, namun, tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Tahapan yang dilakukan antara lain: 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), dan 3) pengembangan (develop) dimana pada tahap ini dilakukan pengembangan modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan lingkungan dan melakukan validasi terhadap bahan ajar dan materi yang dilakukan oleh ahli serta melakukan uji coba secara terbatas dengan pre experiment kepada siswa kelas X 8 SMA Negeri 1 Candimulyo. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil validasi bahan ajar mendapatkan persentase validitas 88% dengan kriteria sangat layak. (2) Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase validitas 88% dengan kriteria sangat layak. (3) Hasil uji ngain pada kelas uji coba menunjukkan peningkatan dengan nilai 0,4 berkategori sedang. Oleh karena itu, modul ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan lingkungan dinyatakan valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh ahli bahan ajar sebesar 88% (kategori sangat layak) dan ahli materi sebesar 88% (kategori sangat layak). Modul ajar juga efektif mendukung sikap peduli lingkungan siswa karena memiliki rerata n-gain dengan nilai signifikansi sebesar 0,4 yang artinya setelah siswa menggunakan modul ajar yang dikembangkan, sikap peduli lingkungan siswa mengalami kenaikan dengan kategori sedang.
22-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI WID P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain