Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA QUIZWHIZZER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM IMUN KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 BANDONGAN
Adhawiyah, I. R. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Quizwhizzer Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Imun Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd. Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Materi Sistem Imun, Motivasi Belajar, Quizwhizzer, Teams Games Tournament.
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya motivasi belajar peserta didik, hasil belajar kognitif yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal serta model pembelajaran yang digunakan kurang bisa mengoptimalkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian pretest post-test nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata motivasi belajar akhir kelas eksperimen sebesar 58,5 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 47 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis skor motivasi belajar akhir memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. (2) Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 86 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 70 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata post-test memperoleh nilai Sig (2- tailed) 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. Saran dari penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti pengaruh antara model dan media terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif secara terpisah, melaksanakan kegiatan observasi keterlaksanaan pembelajaran di kelas kontrol, mengenalkan terlebih dahulu media Quizwhizzer kepada peserta didik sebelum diterapkan dalam pembelajaran dan perlu mengatur waktu secara benar agar semua tahapan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
21-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI ADH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain