PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DISERTAI MEDIA QUIZWHIZZER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM IMUN KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 BANDONGAN

ISNA ROBIATUL ADHAWIYAH - Nama Orang;

Adhawiyah, I. R. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Quizwhizzer Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Imun Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd. Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Materi Sistem Imun, Motivasi Belajar, Quizwhizzer, Teams Games Tournament.
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya motivasi belajar peserta didik, hasil belajar kognitif yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal serta model pembelajaran yang digunakan kurang bisa mengoptimalkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian pretest post-test nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata motivasi belajar akhir kelas eksperimen sebesar 58,5 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 47 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis skor motivasi belajar akhir memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. (2) Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 86 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 70 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis nilai rata-rata post-test memperoleh nilai Sig (2- tailed) 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan pada materi sistem imun. Saran dari penelitian ini diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti pengaruh antara model dan media terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif secara terpisah, melaksanakan kegiatan observasi keterlaksanaan pembelajaran di kelas kontrol, mengenalkan terlebih dahulu media Quizwhizzer kepada peserta didik sebelum diterapkan dalam pembelajaran dan perlu mengatur waktu secara benar agar semua tahapan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.


Ketersediaan
21-UN57.U1-SPB-VI-2023BIOLOGI ADH P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ADH P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;100HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik