Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IX
Nasikhah, Malikatun. 2023. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Bangun Ruang Kelas IX”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, M.Pd.
Kata Kunci : E-Modul Interaktif, Project Based Learning, Kemampuan Creative Problem Solving, Bangun Ruang
Berbagai kemampuan berpikir sangat dibutuhkan oleh individu dalam menghadapi permasalahan yang ada. Salah satunya adalah kemampuan Creative Problem Solving. Creative Problem Solving (CPS) adalah kemampuan dimana individu mampu memilih berbagai kemungkinan yang ada dalam menyelesaikan suatu permasalahan, dimana kemungkinan tersebut adalah cara yang paling tepat. Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan 1) media pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan kurikulum, guru, dan siswa SMPN 6 Temanggung, 2) kemampuan Creative Problem Solving siswa masih tergolong rendah, 3) keterbatasan media dalam penyampaian materi pembelajaran. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan E-Modul interaktif berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan Creative Problem Solving siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-Modul interaktif berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan Creative Problem Solving siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMPN 6 Temanggung dengan jumlah 30 siswa. Hasil uji kevalidan E-Modul yang dikembangkan adalah 96,27% untuk validitas materi dan 92,53% untuk validitas media yang keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan E-Modul mencapai 80,27% dengan kategori sangat praktis berdasarkan angket respon siswa, dan 92,36% dengan kategori sangat baik berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis keefektivan dengan N-Gain mencapai 0,58 dengan kategori sedang dan efektif digunakan. Sehingga, kesimpulan yang didapatkan adalah E-Modul interaktif berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan Creative Problem Solving siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Selain itu perlu adanya inovasi pengembangan produk baru sebagai sarana motivasi belajar siswa dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.
17-UN57.U1-SPM-VI-2023 | MATEMATIKA NAS P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain