Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS ARGUMENTASI ILMIAH PADA TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Darnaningrum, Yolanda. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aktivitas Argumentasi Ilmiah pada Topik Klasifikasi Makhluk Hidup”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan ajar, Argumentasi Ilmiah, Klasifikasi Makhluk Hidup
Topik klasifikasi makhluk hidup merupakan salah satu topik yang wajib dipelajri oleh peserta didik dan tergolong sebagai topik yang sulit. Hal tersebut menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada topik klasifikasi makhluk hidup. Argumentasi ilmiah dalam pembelajran mampu mengatasi terjadinya miskonsepsi. Argumentasi ilmiah memegang peranan penting dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA, namun keterampilan argumentasi ilmiah yang dimiliki oleh peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Argumentasi ilmiah dapat dilatihkan melalui buku teks. Namun buku teks IPA yang digunakan di indonesia masih berada pada level 2 pada tingkatan argumentasi ilmiah.
Penelitian ini bertujuan dalam menganalisis indikator kognitif pada topik klasifikasi makhluk hidup yang kemudian akan digunakan dalam mengembangkan bahan ajar berbasis aktivitas argumentasi ilmiah pada topik klasifikasi makhluk hidup, melakukan uji keterbacaan terhadap bahan ajar, dan mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis aktivitas argumentasi ilmiah pada topik klasifikasi makhluk hidup yang dilakukan dengan metode Fuzzy Delphi.
Indikator kognitif yang didapatkan berdasarkan kesepakatan berasama guru ahli pada topik klasifikasi makhluk hidup terdapat 7 indikator yakni ciri makhluk hidup, dasar klasifikasi makhluk hidup, Teknik pengelompokan makhluk hidup, urutan takson makhluk hidup, 5 kingdom makhluk hidup, pemberian nama ilmiah pada makhluk hidup berdasarkan Crollus Linnaeus, dan peranan makhluk hidup bagi kehidupan manusia. Kemudian indikator tersebut akan digunakan sebagai sub bab dalam bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar berbasis aktivitas argumentasi ilmiah pada topik klasifikasi makhluk hidup sudah sesuai untuk tingkat pembaca pada kelas 7 berdasarkan hasil grafik fry. Penilaian kelayakan bahan ajar berdasarkan unsur argumentasi ilmiah, unsur kebahasaan, dan unsur penyajian memperoleh nilai d < 0,2 dengan nilai Dv > 0,50 pada setiap sub bab dalam bahan ajar.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahan ajar berbasis aktivitas argumentasi ilmiah pada topik klasifikasi makhluk hidup terdapat 7 indikator yang perlu dilatihkan. Tingkat keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan sudah sesuai untuk kelas 7. Validitas bahan ajar memperoleh hasil valid pada setiap sub bab.
28-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA DAR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain