Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
Aprilia, Lily. 2023. “Keefektifan Model Project Based Learning pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keefektifan
Berpikir kritis salah satu keterampilan guna menganalisis permasalahan dalam mengemukakan solusi dan memutuskan suatu masalah yang diolah dengan logis. Pentingnya keterampilan berpikir kritis ini bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Pembelajaran IPA di SMPN 4 Magelang menghadapi permasalahan yaitu kurang optimalnya keterampilan berpikir kritis dan belum terdapat proses belajar yang efektif mengembangkan berpikir kritis. Keterampilan ini bisa dilatih dengan penerapan pembelajaran yang tepat. Project based learning didasarkan pada teori konstruktivisme, sehingga berpotensi mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis keefektifan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX pada materi bioteknologi. (2) Menganalisis keterlaksanaan project based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian kuantitatif ini menerapkan quasi experimental yakni non equivalent control group. Penelitian dilakukan di SMPN 4 Magelang dengan sampel kelas eksperimen yakni IX B sedangkan kontrolnya IX A. Pemilihan sampel melalui purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes tertulis dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan uji paired sample T-tes kelas eksperimen dan kontrol nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan, sedangkan hasil uji independent sample T-test pada nilai pretest yaitu 0,269 > 0,05 artinya tidak ada perbedaan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis sebelum pemberian perlakuan, sedangkan pada nilai posttest yaitu 0,00 < 0,05 yang artinya berbeda signifikan setelah pemberian perlakuan. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen yakni 0,71 kategori tinggi dan kelas kontrol yakni 0,41 kategori sedang. Hasil effect size yaitu 0,8842 artinya memberikan pengaruh tinggi. Dengan demikian, model project based learning efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi bioteknologi siswa kelas IX SMP.
27-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA APR K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain