Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 7 SATU ATAP KEPIL
Novita, Erlina. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp Negeri 7 Satu Atap Kepil”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: (Case Based Learning (CBL), kontekstual, hasil belajar kognitif)
Pendidikan nasional abad 21 menghadapi permasalahan kompleks yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Untuk menghadapi permasalahan pendidikan abad 21 maka perlu adanya pembaruan dalam pembelajaran dengan melakukan inovasi pembelajaran. Pembelajaran adalah kegiatan interaksi pendidik atau guru dengan siswa untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dapat diukur dari hasil belajar. Hasil belajar ialah sesuatu capaian keahlian seorang yang diperoleh dari proses pendidikan. Menurut Bloom hasil belajar dipecah jadi 3 ranah yaitu hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif, serta ranah psikomotorik. Ranah kognitif masih jadi perihal yang butuh dicermati sebab kognitif menekankan pada pengetahuan. Model (CBL) Case Based Learning merupakan inovasi model pembelajaran yang berbasis kasus, dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. CBL berbasis kontekstual merupakan model pembelajaran yang menyajikan kasus nyata dalam kehidupan siswa dengan menghubungkan materi pelajaran dan kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan. Tujuan penelitian 1) mengetahui pengaruh model Case Based Learning Berbasis Kontekstual terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP N 7 Satu Atap Kepil; 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Case Based Learning Berbasis Kontekstual di SMP N 7 Satu Atap Kepil. Penelitian ini terlaksana dengan pendekatan kuantitatif dengan desain preexperimental design tipe one group pretest-posttest design. Penelitian menghasilkan pengaruh model CBL terhadap hasil belajar kognitif siswa. Terlihat dari hasil uji T dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,005. Besar peningkatan hasil belajar kognitif siswa diamati dari uji N-Gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Peningkatan pada setiap indikatornya yaitu menerapkan (C3) dengan sebesar 0,69 kategori sedang, menganalisis (C4) sebesar 0,47 kategori sedang, mengevaluasi (C5) sebesar 0,58 kategori sedang, dan menciptakan (C6) sebesar 0,54 kategori sedang. Kesimpulan 1) Terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa dengan model Case Based Learning (CBL) berbasis kontekstual, dengan perhitungan uji T (paired sample t-test) nilai N-gain memperoleh nilai t 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sifnifikan.; 2) Besar peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan diterapkannya model Case Based Learning (CBL) berbasis kontekstual dengan nilai N-Gain 0,58 termasuk kategori sedang.
26-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA NOV P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain