PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 7 SATU ATAP KEPIL

ERLINA NOVITA - Nama Orang;

Novita, Erlina. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Smp Negeri 7 Satu Atap Kepil”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: (Case Based Learning (CBL), kontekstual, hasil belajar kognitif)
Pendidikan nasional abad 21 menghadapi permasalahan kompleks yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Untuk menghadapi permasalahan pendidikan abad 21 maka perlu adanya pembaruan dalam pembelajaran dengan melakukan inovasi pembelajaran. Pembelajaran adalah kegiatan interaksi pendidik atau guru dengan siswa untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dapat diukur dari hasil belajar. Hasil belajar ialah sesuatu capaian keahlian seorang yang diperoleh dari proses pendidikan. Menurut Bloom hasil belajar dipecah jadi 3 ranah yaitu hasil belajar pada ranah kognitif, ranah afektif, serta ranah psikomotorik. Ranah kognitif masih jadi perihal yang butuh dicermati sebab kognitif menekankan pada pengetahuan. Model (CBL) Case Based Learning merupakan inovasi model pembelajaran yang berbasis kasus, dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. CBL berbasis kontekstual merupakan model pembelajaran yang menyajikan kasus nyata dalam kehidupan siswa dengan menghubungkan materi pelajaran dan kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan. Tujuan penelitian 1) mengetahui pengaruh model Case Based Learning Berbasis Kontekstual terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP N 7 Satu Atap Kepil; 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model Case Based Learning Berbasis Kontekstual di SMP N 7 Satu Atap Kepil. Penelitian ini terlaksana dengan pendekatan kuantitatif dengan desain preexperimental design tipe one group pretest-posttest design. Penelitian menghasilkan pengaruh model CBL terhadap hasil belajar kognitif siswa. Terlihat dari hasil uji T dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,005. Besar peningkatan hasil belajar kognitif siswa diamati dari uji N-Gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Peningkatan pada setiap indikatornya yaitu menerapkan (C3) dengan sebesar 0,69 kategori sedang, menganalisis (C4) sebesar 0,47 kategori sedang, mengevaluasi (C5) sebesar 0,58 kategori sedang, dan menciptakan (C6) sebesar 0,54 kategori sedang. Kesimpulan 1) Terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa dengan model Case Based Learning (CBL) berbasis kontekstual, dengan perhitungan uji T (paired sample t-test) nilai N-gain memperoleh nilai t 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sifnifikan.; 2) Besar peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan diterapkannya model Case Based Learning (CBL) berbasis kontekstual dengan nilai N-Gain 0,58 termasuk kategori sedang.


Ketersediaan
26-UN57.U1-SI-VI-2023IPA NOV P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NOV P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;43HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik