Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMP N 4 MAGELANG
Alholishoh, Lintang. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Tema Keanekaragaman Makhluk Hidup Di Smp N 4 Magelang”. Skripsi. Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Inkuiri terbimbing, Direct Instruction
Keterampila proses sains merupakan keterampilan yang diperoleh dari pendidikan kemampuan fisik, psikis serta social untuk melatih kemampuan siswa menjadi lebih tinggi. Guru dengan model pembelajaran direct instruction yang mengaihkan informasi serta keterampilan langsung pada siswa, pembelajaran berpusat pada tujuan yang disusun oleh guru didukung oleh hasil belajar yaitu UTS terdapat indikator keterampilan proses sains diketahui bahwa keterampilan proses sains terintegrasi di SMP N 4 Magelang pada kelas VII masih rendah. Dengan demikian perlu model pembelajaran sebagai upaya peningkatan keterampilan proses sains serta pembelajaran jauh lebih bermakna. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dalam bentuk penelitian nonquivalent control desain group. Penelitian ini dilaksanakan Di SMP N 4 Magelang dengan sampel penelitian VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Hasil perhitungan N-Gain 0.6789 pada kelas eksperimen dalam kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,0322 kategori rendah, artinya model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada setiap indikator.
25-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA ALH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain