Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA TEMA “AKU MAMPU ADAPTASI” BERBASIS PEMBELAJARAN RIAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SMP NEGERI 10 MAGELANG
Rahayu, Dwi. 2023. “Pengembangan Modul IPA Tema “Aku Mampu Adaptasi” Berbasis Pembelajaran RIAS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di SMP Negeri 10 Magelang”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. ahmad Muhlisin, M. Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, M. Pd.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Pembelajaran RIAS, Berpikir Kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya temuan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 10 Magelang masih rendah, siswa cenderung kurang responsif terhadap pembelajaran. Dalam proses pembelajaran belum terdapat bahan ajar yang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memotivasi siswa. Selain itu belum terdapat pengembangan modul pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis di SMP Negeri 10 Magelang. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan modul pembelajaran IPA tema aku mampu adaptasi berbasis pembelajaran RIAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP N 10 Magelang. Pengembangan modul ditinjau dari kelayakan modul pembelajaran, keefektifan modul pembelajaran dan kepraktisan modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis sebagai modul pembelajaran tema aku mampu adaptasi pada materi suhu dan kalor yang dipadukan dengan termoregulasi. Hasil pengembangan modul IPA berbasis RIAS ini termasuk pada kategori valid yang meliputi penilaian ahli materi 4,0 kategori valid dan penilaian ahli bahan ajar 4,2 kategori valid, sehingga dapat disimpulkan modul yang dikembangkan layak untuk digunakan. Tingkat keefektifan menghasilkan nilai signifikansi 0,00 dengan tingkat signifikansi 0,05 atau nilai sig < α yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata skor N-Gain adalah 0,83 atau dalam kategori tinggi, sehingga pengembangan modul tersebut dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kepraktisan modul yang diperoleh dari hasil angket siswa terhadap modul IPA berbasis RIAS diperoleh skor dengan persentase 84,6%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis RIAS tema “Aku Mampu Adaptasi” sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini sudah memenuhi aspek kelayakan pengembangan modul, keefektifan modul dan kepraktisan modul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di SMP Negeri 10 Magelang. Saran dari peneliti yaitu kejelasan pada instruksi pengerjaan modul juga perlu ditingkatkan kembali sehingga peserta didik akan lebih mudah untuk memahami materi yang ada dalam modul. Pada modul lebih dperhatikan dan dimaksimalkan kembali pada indikator-indikator yang diteliti, khususnya pada indikator evaluasi berpikir kritis, sehingga kemampuan tiap-tiap indikator yang dikuasai siswa lebih merata. Ketika penelitian manfaatkan waktu semaksimal mungkin dan sesuaikan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Harapan untuk penelitian selanjutnya agar dapat mengembangkan modul pembelajaran serupa yang dapat menjangkau dalam peengembangan keterampilan abad 21 lainnya dengan mengaplikasikan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
24-UN57.U1-SI-VI-2023 | IPA RAH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain