Text
SKRIPSI ANALISIS TANTANGAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM KASUS PROGRAM DESA PERWUJUDAN MASYARAKAT TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (DESA PERMATA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG
ANALISIS TANTANGAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM KASUS PROGRAM DESA PERWUJUDAN MASYARAKAT TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (DESA PERMATA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG
Evina Ulfiya (1910201087) Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Desa Permata merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik dan kepuasan masyarkat terhadap pemerintahan. Pelaksanaan Inovasi Desa Permata tidak lepas dari sebuah tantangan yang harus dilalui sehingga inovasi Desa Permata ini bisa dianggap berhasil. Kurangnya pemerataan pelayanan administrasi kependudukan hingga sosialisasi kepada masyarakat akan Inovasi Desa Permata ini menimbulkan dampak tidak terlaksananya dengan rata Inovasi Desa Permata ini. Berdasarkan hal tersebut, kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis tantangan- tantangan inovasi dalam program Desa Permata sebagai langkah dalam tertib administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai tantangan yang harus dihadapi oleh Desa Permata dalam pelaksanaannya dengan menggunakan teknik observasi langsung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung serta Pemerintahan Desa Kruwisan sebagai pelaksana Inovasi Desa Permata, wawancara dengan narasumber serta dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data dan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung, Pemerintahan Desa Kruwisan, serta masyarakat. Data yang diperoleh dari lapangan dikumpulkan dan dikaji dengan teknik kondensasi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa diantara 4 tantangan yang disampaikan oleh Mueller (2003) smeua bisa dihadapi dengan baik oleh Inovasi Desa Permata ini. Pada transparansi pelaksanaan, Inovasi Desa Permata ini sudah transprasi baik pelaksanaannya ataupun pada evaluasinya. Kedua, dalam batasan inovasi, inovasi ini memiliki batasan pelaksana yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung dan Pemerintahan Desa setempat, serta sebagai batasan tempat. Ketiga, masalah yang muncul ketika pelaksanaan Inovasi Desa Permata seperti sistem error, kurangnya sistem validasi dan rendahnya kualitas SDM pelaksana, ditangani dengan baik oleh pihak terkait melalui prosedur – prosedur yang berlaku. Terakhir, pada permintaan dan kebutuhan masyarakat, Inovasi Desa Permata ini mampu memenuhi permintaan serta kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan.
(kata kunci: tantangan inovasi, pelayanan publik, administrasi kependudukan)
52-UN57.U1-SSP-VI-2023 | FISIPOL ULF A 2023 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain