PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS TANTANGAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM KASUS PROGRAM DESA PERWUJUDAN MASYARAKAT TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (DESA PERMATA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG

EVINA ULFIYA - Nama Orang;

ANALISIS TANTANGAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM KASUS PROGRAM DESA PERWUJUDAN MASYARAKAT TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (DESA PERMATA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG
Evina Ulfiya (1910201087) Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Desa Permata merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik dan kepuasan masyarkat terhadap pemerintahan. Pelaksanaan Inovasi Desa Permata tidak lepas dari sebuah tantangan yang harus dilalui sehingga inovasi Desa Permata ini bisa dianggap berhasil. Kurangnya pemerataan pelayanan administrasi kependudukan hingga sosialisasi kepada masyarakat akan Inovasi Desa Permata ini menimbulkan dampak tidak terlaksananya dengan rata Inovasi Desa Permata ini. Berdasarkan hal tersebut, kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis tantangan- tantangan inovasi dalam program Desa Permata sebagai langkah dalam tertib administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai tantangan yang harus dihadapi oleh Desa Permata dalam pelaksanaannya dengan menggunakan teknik observasi langsung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung serta Pemerintahan Desa Kruwisan sebagai pelaksana Inovasi Desa Permata, wawancara dengan narasumber serta dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data dan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung, Pemerintahan Desa Kruwisan, serta masyarakat. Data yang diperoleh dari lapangan dikumpulkan dan dikaji dengan teknik kondensasi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa diantara 4 tantangan yang disampaikan oleh Mueller (2003) smeua bisa dihadapi dengan baik oleh Inovasi Desa Permata ini. Pada transparansi pelaksanaan, Inovasi Desa Permata ini sudah transprasi baik pelaksanaannya ataupun pada evaluasinya. Kedua, dalam batasan inovasi, inovasi ini memiliki batasan pelaksana yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung dan Pemerintahan Desa setempat, serta sebagai batasan tempat. Ketiga, masalah yang muncul ketika pelaksanaan Inovasi Desa Permata seperti sistem error, kurangnya sistem validasi dan rendahnya kualitas SDM pelaksana, ditangani dengan baik oleh pihak terkait melalui prosedur – prosedur yang berlaku. Terakhir, pada permintaan dan kebutuhan masyarakat, Inovasi Desa Permata ini mampu memenuhi permintaan serta kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan.
(kata kunci: tantangan inovasi, pelayanan publik, administrasi kependudukan)


Ketersediaan
52-UN57.U1-SSP-VI-2023FISIPOL ULF A 2023Ruang Skripsi (FISIPOL)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FISIPOL ULF A 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;107HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
350
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
PRODI_S1_ILMU_ADMINISTRASI_NEGARA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik