Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMAN 2 GRABAG
Oktaviani, Rezti Dwi. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMAN 2 Grabag”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum., S.Si., M.Sc.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer, Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Ekskresi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen tipe nonequivalent pretest post-test control group design. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 2 Grabag dengan subjek penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket, lembar tes dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dari hasil angket serta hasil pretest dan post-test siswa kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji non-parametrik Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil pengisian angket pada kemampuan awal kelas eksperimen yaitu 70.79 dan pada kelas kontrol yaitu 70.09, sedangkan untuk kemampuan akhir kelas eksperimen yaitu 79.45 dan pada kelas kontrol yaitu 76.97. Untuk hasil belajar diperoleh rata-rata hasil pretest pada kelas eksperimen yaitu 55 dan pada kelas kontrol yaitu 53.48, sedangkan untuk rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen yaitu 78.18 dan pada kelas kontrol yaitu 73.18. Hasil uji analisis Mann Whitney U pada kemampuan komunikasi siswa diperoleh nilai Asymp.Sig (2- tailed) 0.026 < 0.05 dan hasil belajar kognitif siswa diperoleh nilai Asymp.Sig (2- tailed) 0.008 < 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa.
27-UN57.U1-SPB-VII-2023 | BIOLOGI OKT P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain