Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI SUDUT PENGAPIAN TERHADAP PERFORMA MESIN MOTOR TIGER 200 CC
Sistem pengapian adalah salah satu bagian terpenting dalam proses pembakaran pada motor bakar. Pengapian pada suatu motor bakar digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara agar bisa menghasilkan suatu tenaga untuk menghasilkan langkah kerja. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pengapian pada sistem pengapian adalah posisi sudut pengapian. Kesesuaian sudut pengapian dapat memberi hasil yang maksimal terhadap proses pembakaran pada motor bakar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan sudut pengapian terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan sepeda motor Tiger 200 cc dengan variasi sudut pengapian 14⁰ PE, 12⁰ PE, 10⁰ PE dan 8⁰ PE. Penelitian ini menggunakan putaran mesin 1500, 5500 dan 8500 rpm. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, sudut pengapian 8° memperoleh hasil yang terbaik pada pengujian daya dan torsi. Nilai torsi terbesar diperoleh pada kecepatan putaran mesin 5500 rpm sebesar 13,31 N.m, kemudian nilai daya terbesar yang diperoleh sebesar 13,09 hp pada kecepatan putaran mesin 8500 rpm. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar spesifik, nilai minimal diperoleh sudut pengapian standar yaitu 10° sebesar 0,087 kg/jam.hp pada putaran mesin 5500 rpm.
Kata kunci: torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifik
47-UN57.U1-STM-VI-2023 | MESIN PUT S 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain