Text
SKRIPSI STATIC STRUCTURAL ANALYSIS PADA CHASSIS SEMI-MONOCOQUE BUS LISTRIK MEDIUM
Pada pengembangan bus listrik medium menggunakan chassis tipe semimonocoque masih memiliki permasalahan yaitu kelebihan massa pada strukturnya. Chassis merupakan suatu kerangka yang menopang seluruh komponen diatasnya, sehingga chassis harus kuat dan massanya kecil (ringan) untuk meningkatkan efisiensi dari kendaraan. Oleh karena itu untuk mengurangi massa struktur dapat dilakukan optimasi ukuran salah satunya pada ukuran tebal profil chassis kendaraan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variasi tebal profil chassis semi-monocoque bus listrik medium terhadap kekuatan tekan struktur. Penelitian ini dilakukan dengan metode optimasi ukuran pada ketebalan profil chassis dengan variasi ketebalan profil 4,5 mm, 4 mm, dan 3,5 mm menggunakan material stainless steel 201. Proses simulasi dilakukan pada kondisi statis menggunakan beban vertikal dengan bantuan software ANSYS R1 2022. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa struktur chassis semi-monocoque dengan ketebalan 4 mm dalam kondisi optimum. Kekuatan tekan struktur ketebalan tersebut masih dalam keadaan aman dengan parameter tegangan maksimal sebesar 179,33 MPa, displacement sebesar 1,66 mm, dan safety factor sebesar 1,63. Hasil penelitian ini berhasil menurunkan massa chassis semi-monocoque bus listrik medium sebesar 10,01% dari massa awal 325,6 kg menjadi 293 kg.
Kata kunci: Simulasi statis; pembebanan vertikal; chassis semi-monocoque; optimasi ukuran
44-UN57.U1-STM-VI-2023 | MESIN KAF S 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain