Text
SKRIPSI OPTIMALISASI KUNJUNGAN WISATAWAN RUMAH TENUN MAGELANG
Rumah Tenun Magelang merupakan destinasi wisata yang menawarkan kegiatan wisata edukasi tenun dari serat alam sebagai daya tarik utamanya. Kunjungan wisatawan Rumah Tenun Magelang belum mencapai target yang telah direncanakan dan belum terekspos secara massal sehingga mengharuskan Wisata Rumah Tenun Magelang menerapkan strategi guna meningkatkan kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi guna mengoptimalkan kunjungan wisatawan Rumah Tenun Magelang melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) kemudian dianalisis dengan menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan alternatif strategi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wisata Rumah Tenun Magelang memiliki kekuatan dan peluang yang belum dimanfaatkan dengan baik. Berdasarkan analisis SWOT Wisata Rumah Tenun Magelang berada pada kuadran I dan strategi yang tepat untuk diterapkan adalah Strategi SO. Berdasarkan analisis QSPM strategi prioritas untuk mengekspos potensi wisata yaitu strategi memaksimalkan promosi secara online dan memberdayakan tokoh panutan (influencer) dengan TAS sebesar 5,75.
Kata kunci : Kunjungan Wisatawan, Strategi Pemasaran, SWOT, dan QSPM.
47-UN57.U1-SMJ-VII-2023 | MANAJEMEN YUS O 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain