Text
SKRIPSI ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM BATIK (Studi Kasus Pada UMKM Rajah Batik di Kota Magelang)
UMKM merupakan sektor usaha yang mengalami perkembangan secara pesat. Rajah Batik adalah UMKM yang bergerak di bidang industri kerajinan batik yang memiliki jangkauan bisnis di Kota Magelang. Adanya pandemi Covid-19 serta persaingan usaha yang semakin kompetitif memberikan dampak terhadap penurunan penjualan UMKM Rajah Batik sehingga dalam hal ini diperlukan pengembangan model bisnis serta perumusan strategi yang tepat untuk meningkatkan kembali penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi serta mengembangkan model bisnis untuk meningkatkan penjualan UMKM Rajah Batik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan kuesioner serta data sekunder yang diperoleh dari jurnal, buku, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan kondisi bisnis dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) untuk merumuskan strategi UMKM Rajah Batik. Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa strategi yang tepat untuk mendukung perbaikan BMC yaitu strategi SO dimana perlu adanya perbaikan dan peningkatan pada elemen segmen pelanggan, proporsi nilai, saluran, hubungan pelanggan, meningkatkan arus pendapatan, sumber daya utama, aktivitas kunci, kemitraan utama, dan struktur biaya.
Kata Kunci : UMKM Batik, BMC, SWOT
45-UN57.U1-SMJ-VII-2023 | MANAJEMEN KAM A 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain