Text
SKRIPSI ANALISIS BUKU TEKS IPA PADA KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN ASPEK NATURE OF SCIENCE (NOS) STUDI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Sejati, Sania Hanisza Vita. 2023. “Analisis Buku Teks IPA Pada Kurikulum Merdeka Berdasarkan Aspek Nature of Science (NOS) Studi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S,Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Pd.
Literasi sains berperan dalam pendidikan sains terutama dalam penyiapan sumber daya manusia berkualitas. Komponen penting yang dapat meningkatkan literasi sains peserta didik salah satunya dengan melalui pemahaman Nature of Science (NOS) dalam pembelajaran sains. Kemampuan literasi sains dapat diukur dengan tes internasional yang disebut dengan tes PISA (Programme for International Student Assessment) yang termuat dalam OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). Prestasi Indonesia dalam tes PISA masih terbilang rendah dan menduduki peringkat bawah. Buku teks dalam pembelajaran akan mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, sehingga analisis perbandingan buku teks penting untuk dilakukan. Topik Klasifikasi Makhluk Hidup dipilih karena termasuk dalam salah satu topik yang sulit dipahami oleh peserta didik dengan persentase 6,3%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dua buku IPA kelas VII kurikulum merdeka berdasarkan aspek NOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat komparatif yaitu dengan menganalisis isi atau content analysis. Fokus penelitian ini adalah Buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII terbitan Kemendikbud dan Buku IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) 1 SMP/MTS Kelas VII terbitan Erlangga. Teknik pengumpulan data dengan membaca mendalam dan menelaah dokumen pada masing-masing buku teks yang dianalisis. Teknik keabsahan data menggunakan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan metode perbandingan tetap oleh Moleong (2014).
Hasil yang diperoleh yaitu kedua buku sudah menyampaikan 10 aspek NOS baik secara eksplisit maupun implisit. Buku teks IPA Erlangga memperoleh skor lebih tinggi daripada buku teks IPA Kemendikbud. Aspek NOS yang disampaikan secara eksplisit, informasi yang disampaikan lengkap, dan penyampaiannya konsisten termasuk dalam eksplisit benar dan mempunyai skor 3 pada buku A terdapat 4 aspek dan buku B terdapat 5 aspek. Buku Kemendikbud menghasilkan kutipan lebih banyak dibandingkan dengan buku Erlangga. Perolehan skor total berdasarkan kriteria penskoran buku Erlangga lebih unggul dari buku Kemendikbud.
Kata Kunci: Analisis Buku, Kurikulum Merdeka, NOS
37-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA SEJ A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain