PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS PERUBAHAN POLA BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SETELAH MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 7E

ARSY MZ - Nama Orang;

Mz, Arsy. 2023. “ Analisis Perubahan Pola Berpikir Kritis Peserta Didik Setelah Menggunakan Modul Berbasis Learning Cycle 7e”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unversitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati M.Sc.
Kata Kunci: Perubahan Pola Berpikir Kritis, Learning Cycle 7e, Modul Pembelajaran
Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki peserta didik, agar mampu meningkatkan rasa tanggungjawab dalam pemecahan masalah dan kolaborasi. Hasil tes PISA tahun 2018 dengan menilai 600.000 peserta didik berusia 15 tahun dari 79 negara, Indonesia memiliki nilai lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata OECD. Melalui hasil tersebut, diketahui bahwa rendahnya nilai Indonesia pada tes PISA menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh peserta didik juga masih rendah. Model Learning Cycle 7e merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sebab memiliki 7 tahap yang memberikan kesempatan peserta didik untuk lebih aktif. Namun, perubahan pola berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan model ini belum dijelaskan, sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perubahan pola berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul berbasis Learning Cycle 7e. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode tes open ended dan wawancara kepada peserta didik kelas VIIIH SMP Negeri 1 Magelang. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul berbasis Learning Cycle 7e, dilihat berdasarkan peningkatan langkah berpikir kritis yang digunakan. Modul berbasis Learning Cycle 7e mampu merubah pola berpikir kritis peserta didik karena didalamnya terdapat 7 tahapan yang saling terorganisasi dan memusatkan pembelajaran kepada peserta didik.


Ketersediaan
36-UN57.U1-SI-VII-2023IPA ARS A 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ARS A 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;87HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik