Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING ACTIVITY PADA MATERI TEKANAN ZAT CAIR DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Saputri, Fidya. 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Activity pada Materi Tekanan Zat Cair dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari- Hari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : LKPD, Problem Solving Activity, Tekanan Zat Cair
Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu keterampilan yang termuat dalam pembelajaran abad 21. Kemampuan problem solving diharapkan akan bermakna, menarik, dan menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam berbagai aspek. Berdasarkan wawancara dengan guru IPA di SMP Birrul Ummah Tegalrejo diketahui bahwa belum terdapat LKPD yang menunjang aktivitas pemecahan masalah pada peserta didik. Sehingga perlu dikembangkannya LKPD yang berbasis problem solving activity dengan tampilan yang menarik dan sesuai dengan kondisi serta fasilitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek kognitif yang perlu dikuasai oleh peserta didik pada materi tekanan zat cair, mengetahui validitas LKPD berbasis problem solving activity pada materi tekanan zat cair, keefektifan LKPD, dan respon peserta didik di SMP Birrul Ummah Tegalrejo setelah menggunkan LKPD. Metode penelitian ini menggunakan mixed method desain tipe exploratory model sequential. Identifikasi aspek kognitif diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Validitas LKPD dilakukan oleh 10 ahli yang dianalisis dengan fuzzy Delphi method. Uji coba pemakaian produk dilakukan dengan menggunakan Nonequivalent Control Grup Design. Adapun subjek penelitian berjumlah 25 peserta didik kelas VIII E3 dan 23 peserta didik kelas VIII E2. Respon dari penggunaan LKPD tersebut diisi oleh peserta didik melalui angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada aspek kognitif materi tekanan zat cair memperoleh lima indikator yang diterima dan digunakan sebagai pengembangan LKPD. Pada validitas LKPD semua indicator penilaian diterima oleh ahli dan mencapai konsensus. Efektivitas LKPD berbasis problem solving activity dinilai dengan menggunakan nilai pretest-postest dengan hasil N-Gain sebesar 0,4332 pada kategori sedang. Hasil perolehan respon LKPD melalui angket oleh peserta didik sebesar 88% dengan kategori sangat positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lima indikator aspek kognitif pada materi tekanan zat cair digunakan dalam pengembangan LKPD, LKPD berbasis problem solving activity layak digunakan, efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, dan memperoleh respon yang sangat positif setelah diimplementasikan.
35-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA SAP P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain