Text
SKRIPSI ANALISIS PERUBAHAN KETERAMPILAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMP SETELAH DITERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK
Ulfa, Halim Lailia. 2023. “Analisis Perubahan Keterampilan Kreativitas Ilmiah Siswa SMP Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Isu Sosiosaintifik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Isu sosiosaintifik, Kreativitas ilmiah
Abad ke-21 ini ditandai dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang semakin pesat dan kompleks, sehingga tidak heran jika perubahan terjadi pada berbagai aspek kehidupan, tanpa terkecuali dalam dunia pendidikan. Adapun keterampilan yang diperlukan di abad ini adalah berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Melihat banyaknya keterampilan yang diperlukan di abad ke-21, kreativitas menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk dikembangkan pada pembelajaran. Kreativitas pada mata pelajaran IPA (sains) dikenal dengan istilah kreativitas ilmiah, karena kreativitas ini menjadi komponen utama yang membentuk pola pikir ilmiah seseorang. Disebut kreativitas ilmiah karena kreativitas dalam sains mampu mengaitkan dengan alam. Kreativitas ilmiah merupakan suatu kemampuan yang berpotensi untuk menciptakan produk yang bersifat orisinil dan bernilai personal maupun sosial, dibuat dengan tujuan tertentu berdasarkan pemikiran terhadap informasi yang diterima. Model pembelajaran yang relevan untuk mengembangkan keterampilan kreativitas ilmiah siswa adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penyajian masalah dalam inkuiri terbimbing harus mampu menghubungkannya dengan masalah nyata. Adapun permasalahan atau isu sosial dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sains dikenal sebagai isu sosiosaintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis isu sosiosaintifik terhadap kreativitas ilmiah siswa SMP dan untuk mengetahui perubahan keterampilan kreativitas ilmiah siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis isu sosiosaintifik. Jenis penelitian ini adalah mixed method (metode kombinasi) dengan model kombinasi yang digunakan yaitu concurrent triangulation. Pada penelitian kuantitatif, dilakukan dengan eksperimen menggunakan desain penelitian berupa pre eksperimental dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Pada penelitian kualitatif dilakukan dengan triangulasi data, di mana triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi teknik dalam bentuk wawancara. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal tes kreativitas ilmiah yang diberikan pada pretest dan posttest dengan bentuk soal uraian sebanyak 7 butir serta instrumen berupa pedoman wawancara. Instrumen soal tes dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari hasil penelitian yang diperoleh kemudian dilakukan uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Nilai Sig. (2-tailed) yang dihasilkan dari perhitungan uji paired sample t-test adalah 0,000, di mana nilai tersebut < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai N-Gain adalah 0,4322 yang masuk dalam kategori sedang. Adapun dari hasil wawancara dengan beberapa siswa yang mendapat nilai tertinggi dan terendah dari hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa mereka merasakan perbedaan dalam mengerjakan soal setelah pembelajaran, karena menjadi lebih paham terhadap materi, jadi lebih mudah mengerjakan. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbasis isu sosiosaintifik mampu meningkatkan keterampilan kreativitas ilmiah siswa.
33-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA ULF A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain