Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Rahmawati, Desi. 2023. “Pengembangan Modul IPA Berbasis Kontekstual Pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Modul IPA, Kontekstual, Bioteknologi, Berpikir Kritis
Pada abad ke-21 ini siswa dituntut memiliki pengetahuan yang kompleks dan keterampilan pendukung, salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis selain menjadi kompetensi kunci dalam pendidikan juga memiliki peran sangat penting sebagai persiapan siswa memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Hasil tes TIMSS tahun 2011 dan tes PISA tahun 2018 menunjukkan siswa Indonesia memiliki kemampuan sains yang tergolong rendah di bawah skor rata-rata. Rendahnya keterampilan berpikir krtis juga dialami oleh siswa SMPN 2 Muntilan. Lingkungan sekolah SMPN 2 Muntilan erat kaitannya dengan kearifan lokal pembuatan tape ketan Muntilan yang belum pernah dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul IPA berbasis kontekstual dengan pendekatan kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Materi yang digunakan sebagai media implementasi adalah bioteknologi karena erat kaitannya dengan kearifan lokal tape ketan Muntilan. Kelayakan modul IPA yang dikembangkan ditinjau dari segi kevalidan modul, keefektifan modul, dan respon siswa setelah menggunakan modul IPA berbasis kontekstual pada materi bioteknologi. Penelitian ini menerapkan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Modul IPA yang dikembangkan diuji cobakan menggunakan one group pretest-posttest kepada 29 siswa SMPN 2 Muntilan dengan kriteria nilai rata-rata IPA siswa hampir sama, tidak termasuk kelas unggulan, dan tempat tinggal siswa di Muntilan. Hasil validasi modul IPA berbasis kontekstual pada materi bioteknologi diperoleh rata-rata presentase 85,3% pada kategori sangat baik. Modul IPA berbasis kontekstual pada materi bioteknologi efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan nilai N-gain 0,707 pada kriteria tinggi. Respon siswa setelah menggunakan modul IPA berbasis kontekstual pada materi bioteknologi diperoleh presentase rata-rata 93,7% pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis kontekstual pada materi bioteknologi memenuhi syarat kelayakan bahan ajar karena telah dinyatakan valid, efektif, serta praktis. Selain itu, modul IPA berbasis kontekstual pada materi bioteknologi efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan nilai N-gain data pre-test dan posttest.
29-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA RAH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain