Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASPOR TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR IMIGRASI KELAS 1 KHUSUS NON TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) JAKARTA BARAT
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASPOR TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR IMIGRASI KELAS 1 KHUSUS NON TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) JAKARTA BARAT
Sarah Novia Andini (1910201026) Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Setiap orang membutuhkan pelayanan publik, dengan penyelenggaraan pelayanan publik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan memajukan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat menginginkan pelayanan yang berkualitas, namun pelayanan publik di Indonesia masih harus ditingkatkan karena masih banyak masyarakat yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diterimanya. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik yang mana berkewajiban memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat, namun masih terdapat permasalahan dalam pelayanan pembuatan paspor. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan paspor terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian explanatory survey. Adapun obyek penelitian dalam penelitian ini adalah pengguna layanan paspor pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Non TPI Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling, lebih tepatnya accidental sampling dengan hasil perhitungan rumus Slovin dihasilkan 95 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Kualitas Pelayanan Paspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat dengan t_hitung 19,160 > t_tabel 1,98580 dan sig. 0,00 < 0,05. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,888 dengan tingkat hubungan yang sangat kuat serta kualitas pelayanan paspor memberikan kontribusi sebesar 78,8% terhadap variabel kepuasan masyarakat. Sedangkan sisanya 21,2% disebabkan oleh faktor lain.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Kantor Imigrasi Jakarta Barat
75-UN57.U1-SSP-VII-2023 | FISIPOL AND P 2023 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain