Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MIPA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK)
Ariviani, Sandra Devy. 2023. “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Mipa Ditinjau Dari Gaya Belajar (Visual, Auditori, Kinestetik)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Gaya Belajar
Model pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE, terdiri atas lima langkah, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development),(4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, guru Biologi untuk siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Ceper Klaten yang terdiri dari 36 siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran yang akan digunakan dalam penyampaian materi sistem peredaran darah. 2) Untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa setelah menggunakan video pembelajaran yang telah dikembangkan. 3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata presentase 81,5% dengan kategori sangat layak, dari validasi ahli media diperoleh 81,2% dengan kategori sangat layak. Uji N-Gain siswa visual diperoleh rata-rata presentase 76% dengan kategori efektif, Uji N-Gain siswa auditori diperoleh rata-rata presentase 86% dengan kategori efektif, uji N-Gain siswa kinestetik diperoleh rata-rata presentase 79%. Dapat disimpulkan melalui uji ANNOVA dari hasil pretest 0.291 dan hasil posttest 0.090 dengan kategori signifikan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan video pembelajaran apabila ditinjau dari perbedaan gaya belajar sehingga video pembelajaran layak digunakan.
33-UN57.U1-SPB-VII-2023 | BIOLOGI ARI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain