Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SUB MATERI SISTEM HORMON SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GRABAG MAGELANG
Antika, Sherly Widya. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) Berbantuan Media Video terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Sub Materi Sistem Hormon Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Grabag Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembibing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M.Pd.
Kata Kunci: Media Video, Model pembelajaran ECIRR, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Sistem Hormon
Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran sub materi sistem hormon motivasi belajar siswa rendah, pemahaman konsep siswa belum maksimal, model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi belum efekif, dan media pebelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR berbantuan media video terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Grabag pada sub materi sistem hormon, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ECIRR berbantuan media video terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Grabag pada sub materi sistem hormon. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain the nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MPA SMA Negeri 2 Grabag Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 4 sebagai kelas eksprimen yang ditentukan berdasarkan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar, tes, lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji hipotesis Mann Witney U Test pada taraf α < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai rata-rata motivasi belajar akhir siswa pada kelas eksperimen sebesar 97,08 lebih tinggi daripada nilai rata-rata motivasi belajar awal siswa sebesar 85,6. Hasil uji Mann Witney U Test diketahui data motivasi belajar siswa memiliki nilai Asymp. Sig sebesar 0,00 lebih kecil daripada nilai taraf signifikansi (0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan hasil motivasi belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas ekperimen. Adapun nilai rata-rata pemahaman konsep post-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,17 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pemahaman konsep pre-test siswa sebesar 61,76. Hasil uji Mann Witney U Test diketahui data pemahaman konsep siswa memiliki nilai Asymp. Sig sebesar 0,01 lebih kecil daripada nilai taraf signifikansi (0,05) yang menunjukan adanya perbedaan hasil pemahaman konsep siswa antara kelas kontrol dan kelas ekperimen. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan yaitu, (1) Model pembelajaran ECIRR berbantuan media video berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Grabag pada sub materi sistem hormon, (2) Model pembelajaran ECIRR berbantuan media video berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Grabag pada sub materi sistem hormon. Dari hasil penelitian saran yang disampaikan yaitu hendaknya memanajemen waktu dengan baik dalam menerapakan model pembelajaran ECIRR berbantuan media video, menggunakan media pembelajaran video dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa, dan pembagian kelompok secara heterogen.
32-UN57.U1-SPB-VII-2023 | BIOLOGI ANT P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain