Text
SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS PBL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI MAN TEMANGGUNG
Rahmaningsih, Riesta Devi. 2023. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis PBL Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Di Man Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar, Motivasi Belajar, PBL, Pemahaman Konsep.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi terutama materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis PBL terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa materi perubahan lingkungan. Penelitian dilakukan di MAN Temanggung. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest Nonequivalent control group dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes pilihan ganda dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan uji Mann whitney U test dan uji independent sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, rata-rata nilai posttest pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 86,50, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77. Dari analisis uji mann whitney U test hasil pemahaman konsep diperoleh sig. 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan (0,05), maka H0 ditolak atau terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil motivasi belajar rata-rata nilai akhir kelas eksperimen sebesar 84,81, sedangkan kelas kontrol sebesar 78,81. Dari analisis uji independent sample t test motivasi belajar diperoleh sig. 0,009 lebih kecil dari taraf signifikan (0,05), maka H0 ditolak atau terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis PBL dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa, karena siswa dituntut untuk dapat mencari solusi dari suatu permasalahan, sedangkan meode Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis PBL dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa karena dapat mempengaruhi motivasi siswa secara eksternal dan secara internal. Oleh karena itu, hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis PBL terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa MAN Temanggung pada materi perubahan lingkungan.
28-UN57.U1-SPB-VII-2023 | BIOLOGI RAH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain